Selasa, 19 Maret 2024

Pidato Kenegaraan Jokowi Presiden Inspirasi untuk Bangkit

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Jokowi Presiden menyampaikan pidato kenegaraan di Ruang Sidang Paripurna MPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Foto: Humas MPR RI

Mukhamad Misbakhun Wakil Ketua Fraksi Partai Golkar DPR RI memuji isi pidato kenegaraan Joko Widodo Presiden pada Sidang Tahunan MPR 2020 dalam rangka HUT Kemerdekaan RI.

Menurut dia, pidato Presiden Ketujuh RI itu sangat inspiratif karena berisi ajakan untuk bangkit pada masa sulit akibat pandemi Covid-19.

“Pidato kenegaraan Presiden Jokowi memberikan inspirasi kepada seluruh bangsa Indonesia untuk memanfaatkan masa pandemi Covid-19 sebagai momentum menuju kebangkitan, memanfaatkan krisis pandemi untuk melakukan lompatan besar,” ujar Misbakhun, Jumat (14/8/2020).

Wakil rakyat asal Daerah Pemilihan II Jawa Timur yang meliputi Pasuruan dan Probolinggo itu menuturkan, Presiden dalam pidatonya telah menebarkan spirit dalam menghadapi pandemi global itu. Misbakhun menyebut kalau Jokowi mengajak bangsa Indonesia tidak meratap saat menghadapi Covid-19.

“Beliau memberikan inspirasi kepada kita semua, kepada seluruh bangsa Indonesia, bahwa krisis pandemi itu bukan sesuatu yang harus diratapi, tetapi sesutau yang jadi pembelajaran bagi seluruh komponen bangsa, menjadikannya sebagai nasihat dan momentum besar untuk melakukan lompatan besar bagi kemajuan bangsa,” tegas Misbakhun.

Anggota Komisi XI DPR ini menambahkan, semua negara di dunia sedang menghadapi masalah yang sama gara-gara pandemi Covid-19. Namun, kata dia, Presiden sebagai kepala negara justru mendorong munculnya kreativitas, pemikiran ke depan, serta momentum untuk melakukan lompatan besar.

“Jokowi menyodorkan narasi besar dan itu harus ditangkap oleh para pembantunya di kabinet. Para menteri dan kepala daerah harus bisa menerjemahkan narasi besar itu demi kebangkitan Indonesia,” jelas Misbakhun.

Mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak itu juga menyinggung pujian Presiden Jokowi soal gerak cepat DPR dalam membahas Perppu Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan Negara untuk Penanganan Pandemi Covid-19. Misbakhun menyebut gerak cepat Jokowi menerbitkan Perppu yang direspons cekatan DPR merupakan bukti bahwa politik harus bisa menjadi solusi atas permasalahan yang ada.

“Ini adalah apresiasi luar biasa Presiden kepada DPR. Bagaimanapun DPR memahami krisis ini membutuhkan pengambilan keputusan yang cepat, dan proses itu dilakukan tanpa mempermasalahkan hal-hal lain. Politik memberikan solusi dan jalan keluar atas permasalahan yang dibutuhkan pemerintah, sehingga di sebuah sinergi dengan DPR itu menyelesaikan sebuah permasalahan yang ada,” pungkas dia.(faz/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 19 Maret 2024
35o
Kurs