Selasa, 16 April 2024

Rancangan Moersid Gallery Wakili Indonesia di Kompetisi Arsitektur Internasional di China

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Rancangan berjudul Moersid Gallery karya Daniel Richard akan mewakili Indonesia di kompetisi arsitektur internasional di China. Foto: Humas UK Petra

Bawa rancangan berjudul Moersid Gallery, Daniel Richard mahasiswa Prodi Arsitektur UK Petra, bakal wakili Indonesia di ajang internasional kompetisi The 9th Asia Contest of The Architectural Rookie Award 2020.

Kompetisi The 9th Asia Contest of The Architectural Rookie Award 2020 ini dijadwalkan bakal digelar di Nanjing, China pada 20-22 November 2020 mendatang secara daring.

“Puji Tuhan, karya saya mewakili Indonesia dalam kompetisi karya khusus mahasiswa Arsitektur tingkat satu hingga tiga dari berbagai negara yang ada di Asia,” terang Daniel sapaan Daniel Richard.

Di tingkat seleksi nasional Indonesia yang digelar beberapa waktu lalu, Daniel harus bersaing dengan 49 peserta lainnya dari 17 Perguruan Tinggi di Indonesia. Hanya dua kontestan yang akan mewakili Indonesia pada kompetisi berskala internasional di China tersebut dan satu diantaranya adalah Daniel.

Moersid Gallery, itulah karya Daniel yang menghantarkannya menjadi satu diantara pemenang sekaligus jadi perwakilan Indonesia dalam ajang bergengsi di Asia tersebut. Moersid Gallery adalah sebuah galeri yang didesain untuk mengingat seorang arsitek Indonesia yang bernama Adhi Moersid.

Terletak di jalan Balai Pemuda disamping bioskop Indra dengan luasan kurang lebih 4000 m2, Moersid Gallery didesain untuk menjawab kebutuhan komunal, di mana area publik diturunkan untuk menghasilkan kualitas ruang yang intim dalam interaksi sosial seperti adanya area berkumpul, galeri temporer, serta kafe outdoor.

Komposisi Moersid Gallery didesain untuk merepresentasikan karakter dari karya arsitektur Adhi Moersid, yang bersifat tradisional kontemporer, dan menggunakan cahaya alami untuk menghidupkan karakter ruang.

“Sehingga proses desain dari Moersid Gallery menginterpretasikan karakter atau nilai yang dibawa dengan membuat sebuah gubahan massa berwarna gelap yang tidak mencolok namun didalamnya terdapat sumber cahaya skylight yang menembus void dari ruang galeri di lantai dua dimana cahaya tersebut akan menerangi ruang komunal dibawahnya untuk merepresentasikan hubungan koneksi antara manusia dan penciptanya,” papar Daniel.

Daniel mencoba untuk merepresentasikan nilai karya Adhi Moersid kedalam bahasa arsitektur tradisional yang kontemporer. Daniel berharap dapat meraih prestasi dengan menjadi juara pada November 2020 nanti.

“Meskipun lomba diadakan secara online, saya berharap prosesnya lancar. Saya hanya akan merapikan hasil penyampaian konsep arsitektur agar lebih tertata dan mudah untuk dimengerti dan dipahami oleh dewan juri,” pungkas mahasiswa angkatan 2017 tersebut, Senin (12/10/2020).

Kompetisi The 9th Asia Contest of The Architectural Rookie Award 2020 ini merupakan gelaran skala internasional dari Asia United Architecture Association atau asosiasi arsitektur Asia yang berlokasi di Osaka, Jepang. (tok/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
30o
Kurs