Rabu, 25 November 2020

Orang Tua Mewisuda dari Rumah di Graduation from Home UK Petra ke 78

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Orang tua mewisuda putera puterinya disiarkan melalui live Zoom menjadi bagian wisuda ke 78 Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya. Foto: Humas UK Petra.

“Graduation from Home”, demikian tajuk wisuda ke-78 Universitas Kristen Petra (UK Petra), Surabaya, diselenggarakan secara virtual, Sabtu (26/9/2020), melalui kanal YouTube Universitas Kristen Petra (https://petra.id/wisuda78).

Konsep yang mendasari acara wisuda UK Petra kali ini adalah mengajak para wisudawan untuk menghargai pengorbanan dan didikan orangtua. Di bawah besutan sutradara yang adalah dosen pengampu matakuliah Teater, Dr. Ribut Basuki, dan pengarah kameraman dosen program Digital Media, Erandaru, M.S., wisuda kali ini sengaja mengedepankan peran orangtua di balik kesuksesan para wisudawan.

Orangtua yang mendapat kehormatan untuk menyerahkan map ijazah serta memindahkan kuncir toga putra-putri nya yang diwisuda. Bagi wisudawan yang mendapat predikat Cumlaude, maupun penghargaan sebagai wisudawan Aktif Berprestasi, orangtua pulalah yang menyerahkan piagamnya.

Momen amat menyentuh ini divideo, dan ditayangkan dalam pagelaran wisuda secara daring ini. Tak hanya itu, video lagu “Doa Seorang Anak”, yang berisikan ungkapan syukur kepada Tuhan dan kedua orangtua, dilatarbelakangi video keseharian beberapa wisudawan dan orangtuanya di rumah. Karenanya, tepat sekali acara wisuda kali ini diberi tajuk “Graduation from Home”.

Dengan konsep seperti ini, wisudawan diajak untuk menghargai dan menghormati orangtuanya masing-masing, sebagai bagian dari pendidikan karakter mereka. Dukungan dan doa-restu orangtua, karakter yang unggul, penguasaan berbagai softskill yang sangat diperlukan di era Revolusi Industri 4.0 ini, menjadi bekal amat berharga bagi para wisudawan UK Petra untuk mengarungi lautan luas kehidupan yang dibayangi dengan pandemi COVID-19.

Pada Wisuda ke-78 ini, UK Petra melepas sebanyak 1.300 wisudawan yang terdiri dari 1.236 wisudawan program strata satu (S1), 42 wisudawan program magister (S2), serta 22 lulusan Program Profesi Insinyur dan Program Profesi Arsitek. Dengan demikian, hingga saat ini UK Petra telah menghasilkan 43.308 lulusan. Dalam Wisuda Ke-78 ini, tercatat sebanyak 339 wisudawan S1 dan 15 wisudawan S2 yang berhasil meraih predikat cumlaude.

“Kepada para wisudawan, bersyukurlah kepada Tuhan yang telah memberkati anda, sehingga berhasil menyelesaikan studi dengan amat baik, walaupun di paruh kedua semester terakhir harus menempuh semua proses pembelajaran secara daring yang tidak mudah. Hal ini menegaskan bahwa kalian sudah berhasil mengatasi persoalan yang menghadang. Selamat mengarungi lautan luas kehidupan dunia kerja atau bidang lainnya, kami berdoa semua proses yang telah ditempuh di UK Petra dapat menjadi bekal yang lebih dari cukup bagi anda,” terang Prof. Djwantoro Hardjito, M.Eng., Rektor UK Petra, Sabtu (26/9/2020).

Pada Wisuda ke-78 ini, para wisudawan dan orang tua berkesempatan untuk mendengarkan pesan-pesan dari Andy F. Noya, jurnalis senior sekaligus Host acara Kick Andy. Dalam pesannya, Andy menyampaikan selamat kepada para wisudawan dan para orang tua yang tengah bersuka cita karena merayakan keberhasilan studinya. Ia pun berpesan bahwa wisuda bukanlah akhir dari perjalanan hidup, namun justru awal dari perjalanan hidup yang sesungguhnya.

“Di era teknologi digital ini, kalian akan memasuki dunia yang sangat kompetitif. Dunia ini akan menguji dirimu, apakah kamu batu karang yang kokoh, ataukah batu kapur yang mudah remuk. Namun jangan takut, kalian telah mendapatkan bekal selama bertahun-tahun dari sebuah perguruan tinggi yang berkualitas. Di UK Petra, Kalian tidak hanya mendapat ilmu yang dibutuhkan untuk sukses, namun juga dibekali moral, integritas, dan juga filosofi hidup yang membuat kalian berbeda dengan sarjana yang lain,” ungkap Founder BenihBaik.com ini.

Acara wisuda diikuti dengan post-graduation event, berupa lomba video kemeriahan wisuda, yang ikut melibatkan presenter kondang Najwa Shihab dan aktor Dion Wiyoko.(tok/tin)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok di Flyover Trosobo

Proses Pencarian Korban Tenggelam di Taman Sidoarjo

Kecelakaan Mobil di Tol Porong arah Sidoarjo

Truk Terguling, Lalu lintas Macet

Surabaya
Rabu, 25 November 2020
34o
Kurs