Rabu, 8 Desember 2021

Ratusan Mahasiswa akan Kembali Gelar Unjuk Rasa Menolak UU Cipta Kerja di Kawasan Monas

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Kelompok buruh dan mahasiswa penolak UU Cipta Kerja long march di kawasan Tugu Tani menuju area Monas, Jakarta Pusat, Rabu (28/10/2020). Foto: Farid suarasurabaya.net

Kelompok mahasiswa dari berbagai universitas, hari ini, Kamis (2/11/2020), akan kembali menggelar unjuk rasa menolak Undang-Undang Cipta Kerja, di kawasan Monunen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Informasi dari aparat kepolisian, 800 mahasiswa yang akan demonstrasi, antara lain dari Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI), dan beberapa kampus di daerah Jakarta.

Lewat aksi turun ke jalan, mereka terus berusaha mendesak Presiden mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) untuk membatalkan UU Cipta Kerja.

Pantauan suarasurabaya.net, di Patung Arjuna Wijaya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, aparat kepolisian sudah memasang barrier pembatas jalan dan menyiapkan kawat berduri.

Sedangkan satu lajur yang menuju ke Jalan MH Thamrin ditutup, untuk mengurangi arus kendaraan yang melintas.

Kendaraan taktis seperti Barracuda dan Water Canon juga disiapkan aparat keamanan untuk mengantisipasi kericuhan.

Seperti diketahui, RUU Cipta Kerja disahkan menjadi UU oleh tujuh dari sembilan fraksi di DPR RI, dalam forum Rapat Paripurna, Senin (5/10/2020).

Pasca pengesahan, banyak pihak yang menolak UU Cipta Kerja, mulai dari kalangan buruh, mahasiswa, pelajar, dan kelompok lainnya.

Pemerintah selaku pengusul menilai, UU Cipta Kerja dirancang untuk menjawab kebutuhan pekerja, pelaku usaha kecil, dan juga industri.

Tapi, kalangan buruh menolak, karena regulasi itu dianggap terlalu mementingkan kebutuhan investor, pengusaha, dan dunia bisnis.(rid/df/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Rabu, 8 Desember 2021
25o
Kurs