Jumat, 29 Maret 2024

Risma Mengharap Petugas PMI Terlibat Bantu Vaksinasi Covid-19

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya saat membuka Musyawarah Kota PMI Surabaya di UTD PMI, Jalan Embong Ploso nomor 7, Surabaya, Jumat (11/12/2020). Foto: Humas Pemkot Surabaya

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mengharapkan keterlibatan petugas Palang Merah Indonesia (PMI) dalam melaksanakan program vaksinasi Covid-19 di Surabaya.

Menurut rencana, kata Risma, program ini bakal dilaksanakan pada Februari 2021. Risma menyatakan, dalam proses vaksinasi, pemerintah daerah pasti membutuhkan banyak tenaga.

“Saya berharap PMI Surabaya tetap menjalankan tugas bukan hanya mainstream-nya di darah. Tadi saya titip supaya dapat membantu pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Kita pasti butuh banyak petugas, karena kan jumlahnya lebih besar dari pasien Covid-19,” ujar Risma saat membuka Musyawarah Kota PMI Surabaya di UTD PMI, Jalan Embong Ploso nomor 7, Surabaya, Jumat (11/12/2020).

Risma juga mendorong warga Surabaya agar tidak perlu takut atau ragu untuk mendonorkan darahnya ke PMI. Risma memastikan proses donor darah yang dilakukan PMI tidak akan menimbulkan penularan Covid-19.

Bagi survivor atau penyintas Covid-19, Risma berharap mereka dapat mendonorkan plasma darahnya kepada PMI untuk membantu warga yang membutuhkan.

“Karena panjenengan (anda) sudah sehat selamat dari Covid-19, saya berharap itu (plasma darah) bisa dibantukan untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Risma juga menyampaikan kalau Pemkot Surabaya telah menyiapkan gedung Unit Transfusi Darah (UTD) baru sebagai redundant atau cadangan untuk mendukung program kemanusiaan PMI Kota Surabaya. Rencananya, UTD baru ini bakal memanfaatkan Eks Gedung Kantor Kelurahan Dukuh Kupang Surabaya.

“Kemarin bangunannya sudah kita perbaiki, itu bisa digunakan. Karena saya rasa tidak mungkin kalau kota sebesar Surabaya ini punya satu UTD PMI. Karena ini sangat penting untuk warga,” kata Risma.

Risma mengungkapkan, selama ini PMI telah banyak membantu Pemkot Surabaya. Tidak saja dalam konteks darah, tapi berbagai program sosial kemanusiaan lainnya.

“Bahkan pernah kejadian dalam satu hari itu sampai lima kecelakaan. Saya tidak bisa membayangkan jika PMI saat itu tidak membantu,” ujarnya.(bid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs