Selasa, 16 April 2024

Risma Siapkan BLC untuk Siswa SD-SMP yang Kesulitan Sarana Belajar Daring

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya. Foto: Humas Pemkot Surabaya

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mengaku akan menyiapkan Broadband Learning Center (BLC) dan Balai Rukun Warga (Balai RW) sebagai sarana belajar bagi siswa kurang mampu untuk belajar virtual.

Langkah ini dipilih Risma untuk menjawab keluhan pelajar SD dan SMP yang tidak bisa mengikuti pembelajaran virtual karena tidak punya handphone dan banyak pula yang mengaku tidak punya paket data.

“Karena kita semua belum tahu anak-anak ini belajar virtual sampai kapan, maka nanti akan lebih memaksimalkan fungsi balai RW dan BLC untuk belajarnya anak-anak,” kata Risma di Balai Kota Surabaya, Sabtu (18/7/2020).

Risma berencana, semua balai RW yang sudah dilengkapi fasilitas internet akan lebih dimaksimalkan kecepatan aksesnya. Bila dibutuhkan fasilitas Router untuk mempercepat jaringan internet di tiap balai RW itu ditambah.

“Terus di Balai RW itu sudah ada komputer yang kami berikan, sehingga nanti tinggal ditambahi kertas dan printer ya. Bahkan, nanti anak-anak ini akan didampingi langsung oleh staf-staf Dinas Perpustakaan,” kata dia.

Karena nanti akan ada pendampingnya, maka anak-anak ini akan dibagi sesuai jarak rumahnya. Bagi anak-anak yang dekat dengan fasilitas BLC, maka bisa langsung ke BLC. Begitu pula sebaliknya, jika lebih dekat dengan balai RW, maka nanti belajarnya di balai RW.

“Tapi sekali lagi ini khusus anak-anak yang kurang mampu, sedangkan anak-anak yang mampu, tolong tetap belajar di rumah seperti biasanya, karena saya tidak ingin balai RW itu jadi sekolah baru bagi mereka, itu dapat menimbulkan masalah baru. Jadi, intinya akan dibatasi nanti yang belajar di Balai RW,” ujarnya.

Risma juga memastikan bahwa penambahan beberapa fasilitas hingga pendampingan ini sangat penting karena ke depannya Dinas Pendidikan Surabaya akan menyiapkan pengajaran melalui YouTube dan Email. Nah, ketika pembelajaran itu melalui email, maka bisa langsung di print di balai RW atau BLC itu. “Makanya saya sediakan printer supaya anak-anak ini bisa langsung cetak saat itu juga,” tegasnya.

Selain itu, Risma juga akan bekerja sama dengan televisi swastamenyiapkan pola pengajaran baru yang efektif dan menarik di tengah pandemi sehingga anak-anak tidak bosan.

“Nanti sistem pembelajarannya pasti menarik,” katanya. (bid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
33o
Kurs