Kamis, 28 Maret 2024

Rumah Sakit di Daerah Harus Segera Punya Peralatan Lengkap Untuk Pasien Virus Corona

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Bambang Soesatyo Ketua MPR RI. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Bambang Soesatyo Ketua MPR RI mendorong Kementerian Kesehatan untuk segera mengirimkan kelengkapan peralatan yang dibutuhkan Rumah Sakit di daerah, untuk penanganan terhadap pasien yang terjangkit virus Corona.

“Kelengkapan itu terutama untuk membuat ruang isolasi, serta memastikan tenaga medis yang memadai dan mencukupi untuk menangani pasien terjangkit virus tersebut,” ujar Bamsoet dalam di Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Pernyataan Ketua MPR ini terkait masih kurangnya kelengkapan dan jumlah peralatan medis untuk menangani pasien yang terjangkit virus corona atau Covid-19 di sejumlah Rumah Sakit (RS) di berbagai daerah.

Untuk itu, dia mendorong Kementerian Kesehatan untuk membuat standar kesehatan RS yang sama, seperti standar perlindungan diri dan kelengkapan peralatan yang layak guna. Sehingga kualitas RS di seluruh Indonesia merata, dan masyarakat dapat dengan mudah melakukan pengobatan tanpa perlu terlebih dahulu dirujuk ke RS yang lebih jauh.

Bamsoet minta Pemerintah dapat mencari tambahan alat pelindung diri untuk RS yang masih kekurangan atau belum memiliki, mengingat alat tersebut saat ini diperlukan sebagai salah satu kelengkapan penanganan terhadap pasien dengan virus corona.

“Setiap RS harus memberlakukan Standar Operasional Prosedur (SOP) sesuai standar yang berlaku jika terpantau ada pasien yang terindikasi terjangkit virus corona,” jelasnya.

Bamsoet juga mendorong seluruh Pemerintah Daerah (Pemda), perangkat desa, RS, maupun Puskesmas di seluruh Indonesia untuk terus melakukan sosialisasi tentang cara pencegahan penyebaran COVID-19 kepada masyarakat, serta memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai gejala, penanganan, dan pencegahan yang benar, agar tidak mudah terpengaruh oleh informasi yang belum dapat diketahui secara pasti kebenarannya.(faz/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs