Sabtu, 11 Mei 2024

Alun-Alun Bawah Tanah Surabaya Diresmikan 10 November

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Plaza Alun-Alun Surabaya yang diresmikan bertepatan dengan perayaan kemerdekaan 17 Agustus 2020 kemarin. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Setelah meresmikan Plaza Alun-alun Surabaya bagian atas di Komplek Balai Pemuda, Pemkot Surabaya mempercepat pengerjaan di area bawah tanah.

Targetnya, alun-alun di bawah Jalan Yos Sudarso itu dapat rampung dan diresmikan 10 November mendatang.

Iman Krestian Kepala Bidang Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Kota Surabaya mengatakan, saat ini progres pengerjaan sudah sekitar 70 persen.

“Untuk area bawah ini sekarang lagi proses pengerjaan, finishing kita uber, targetnya 10 November sudah bisa difungsikan,” kata Iman, Sabtu (29/8/2020).

Menurut Iman, proyek multiyears ini terbilang lebih cepat. Sebab, pengerjaannya memang tak sampai pada area di Jalan Pemuda nomor 17 yang masih bersengketa.

Rencananya, area bawah tanah ini bakal berkonsep plaza yang bisa dipakai berbagai komunitas. Di area yang memiliki luasan sekitar 2.500 meter persegi itu, ada bagian untuk anak-anak Surabaya bermain sepeda BMX dan Skateboard. Warga juga bisa menikmati pameran atau festival di tempat itu.

Selain itu, di basemen ini juga bisa dimanfaatkan untuk bazar tertentu. Misalnya pameran UMKM yang nantinya bakal dijalankan tematik atau bergantung tema yang dijadwalkan.

Sehingga, menurut Iman, warga Kota Surabaya bisa punya jujugan sendiri dan alternatif sesuai selera. Ini akan terintegrasi dengan plaza atas Alun-alun Surabaya di kawasan Balai Pemuda.

“Ada bermacam genre (pameran) yang bisa terfasilitasi di area bawah, basemen itu,” ujar Iman.

Sementara itu, Baktiono Ketua Komisi C DPRD Surabaya mengatakan, jika nantinya pada 10 November proyek itu dirampungkan maka seluruh fasilitas kepada warga sesuai konsep harus tersedia. Sehingga, jika benar-benar diresmikan, seluruhnya harus sudah lengkap.

“Jadi persiapan lain harus disiapkan, artinya kerja sama semua pihak (OPD) dengan instansi lainnya segera mulai saat ini melakukan persiapan,” kata politisi PDI Perjuangan itu. (bid/den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 11 Mei 2024
31o
Kurs