Sabtu, 28 November 2020

Senator Jatim Minta APD dan Rapid Test Kit Dapat Fasilitas Melebihi Brompton

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Evi Zainal Abidin Senator Wakil Jatim saat menyambangi para petugas yang bertugas di Terminal Kedatangan Juanda T2, Jumat (20/3/2020). Foto: Istimewa

Evi Zainal Abidin Senator Wakil Jatim mendesak pemerintah agar segera mendatangkan Alat Pelindung Diri (APD) dan Rapid Test Kit Corona ke Indonesia. Dia menyayangkan, para petugas yang siaga di Terminal 2 Bandara Juanda Surabaya baik kedatangan domestik maupun internasional, tidak dilengkapi APD yang memadai.

Hal itu berdasarkan pantauannya hari ini, Jumat (20/3/2020) pagi. Menurutnya, mereka juga rentan terserang fatique atau kelelahan dan imunnya menjadi menurun. Padahal, imun yang kuat adalah penangkal paling ampuh untuk melawan virus corona (COVID-19).

“Kalau Brompton bisa masuk ke Indonesia dengan fasilitas serba prioritas, maka saya menuntut Pemerintah dapat memberikan fasilitas lebih agar APD dan Rapid Test Kits bisa segera didatangkan ke Indonesia. Jangan sampai kalah fasilitas dengan Brompton ya, kelakarnya namun serius,” kata Evi, berdasarkan rilis yang diterima suarasurabaya.net.

Meski demikian, Evi mengapresiasi kerja keras jajaran KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan). Demi tugasnya melindungi keselamatan penumpang, kata dia, mereka tetap semangat bertugas meski hanya dibekali APD ala kadarnya.

“Ini adalah tugas Pemerintah untuk memastikan keselamatan diri para petugasnya. Jangan sampai nyawa mereka menjadi terancam hanya karena pemerintah tidak sigap dalam pemenuhan kebutuhan APD yang sesuai dengan standar WHO, seperti penggunaan masker N95 dalam penanganan COVID-19 ini,” ujarnya.

“Saya memang melihat satu-dua petugas menggunakan masker N95, namun itu hanya mereka yang bertugas di kedatangan internasional saja. Hal ini tidak dibenarkan. Semua petugas frontliners harus mendapat perlakuan yang sama sehingga keselamatan mereka semua dapat terjamin dengan baik dimanapun mereka ditugaskan,” tambahnya.

Meski body thermal scanning, kata dia, sudah diberlakukan di pintu-pintu masuk bandara tapi dengan adanya Rapid Test Kits akan membantu para petugas untuk mempercepat proses identifikasi suspect COVID-19. Dia berharap, Rapid Test Kit bisa segera didatangkan ke Indonesia dengan fasilitas serba prioritas sebagaimana sepeda Brompton. (ang/ipg)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Perak Barat

Kecelakaan di Simpang Empat Mertex Mojokerto

Truk Trailer Mogok di Flyover Trosobo

Proses Pencarian Korban Tenggelam di Taman Sidoarjo

Surabaya
Sabtu, 28 November 2020
32o
Kurs