Kamis, 18 April 2024

ITD Unair Siapkan Tes Kit COVID-19 Hingga 2000 Sampel

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Gubernur Khofifah didampingi Prof Dr Inge Lucida saat meninjau salah satu ruangan di gedung Institute Of Tropical Desease atau Lembaga Penyakit Tropis (LPT). Foto: Istimewa

Institute Of Tropical Disease Universitas Airlangga (ITD Unair) menyiapkan 2.000 tes kit COVID-19 menyusul penunjukan Unair sebagai salah satu lembaga penguji sampel COVID-19 oleh Kemenkes RI.

Prof Dr Inge Lucida Ketua ITD Unair mengatakan, alat tes kit itu masih bisa digandakan menyesuaikan jumlah kebutuhan sampel yang diuji.

“Kami akan memperbanyak reagen supaya lebih banyak lagi yang bisa kami uji. Prosedurnya akan kami atur dengan Balitbangkes,” ungkapnya, Sabtu (14/3/2020).

Menurut Prof Inge, hingga saat ini pihaknya belum mendapat surat resmi atas penunjukan ITD Unair sebagai lembaga tes COVID-19.

“Secara informal sudah mendapat berita untuk menerima sampel dan melakukan pengujian untuk COVID-19. Secara resmi yang belum,”lanjutnya.

Prof Inge mengatakan, dengan ditunjuknya ITD Unair sebagai lembaga pengujian COVID-19 maka bisa mempersingkat hasil pengujian sampel.

“Jadi lokasi kami di Surabaya akan lebih cepat menguji sampel di sekitar sini. Tidak perlu mengirim sampel dan menunggu hasil sampai 7 hari. Dua sampai tiga hari bisa keluar hasilnya, bahkan bisa hanya dengan lima jam,” katanya.

Sebelumnya, ITD Unair telah menguji 50 sampel yang diduga COVID-19. Namun, karena Kemenkes RI saat itu belum memberikan izin, maka pengujian akhirnya tidak lagi dilakukan.

“Semua masih berbenah dan waktu itu Kemenkes masih ingin mendata secara terpusat di Balitbangkes,” lanjutnya. (bid/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
32o
Kurs