Senin, 27 Juni 2022

Songsong New Normal, Universitas Narotama Kupas Peran Penting Teknologi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
flyer

Universitas Narotama (Unnar) Surabaya songsong New Normal menggelar konferensi internasional secara daring, kupas pentingnya perna teknologi bagi kehidupan masa depan.

Songsong New Normal, Universitas Narotama (Unnar) Surabaya, Rabu (3/6/2020) menggelar Konferensi Internasional daring bertopik “Covid-19 and New Normal: Economic, Business, Entrepreneurship, Technology and ICT Solution”, yang mengupas bagaimana teknologi di masa depan berperan penting.

Che Zalina Zulkifli dari Universiti Pendidikan Sultan Idris, Malaysia menyampaikan bagaimana teknologi akan memegang peran yang amat besar dalam era New Normal yang dipastikan akan dijalani dan menjadi bagian dari seluruh warga dunia.

“Apa yang kebanyakan orang maksud dengan New Normal adalah keberadaan teknologi yang kini berjalan berdampingan dengan kita setiap detik agar kita bisa melakukan pekerjaan yang biasa kita lakukan. Yang biasanya tidak terlalu terpaku dengan ada atau tidaknya teknologi, kini semuanya bergantung padanya,” terang Che Zalina Zulkifli.

Untuk bertemu dengan pimpinan di kantor misalnya, contoh Zalina, dibutuhkan aplikasi messaging atau video conferencing. Demikian juga untuk mengakses data pekerjaan kita harus mengakses penyimpanan cloud, dan lain sebagainya.

Video calling akan menjadi new normal dalam kalangan masyarakat dan kegiatan ini akan semakin familiar bagi seluruh lini masyarakat karena sudah cukup mereka kenal sebelum pandemik dan semakin sering mereka gunakan selama pandemik,” tegas Zalina.

Sementara itu ditambahkan Muhammad Ikhsan Setiawan Wakil Rektor 1 Universitas Narotama, bahwa tren yang akan terjadi di bidang pendidikan, diantaranya adalah penggunaan internet of things yang semakin digalakkan, pengembangan augmented reality (AR) atau virtual reality (VR) untuk mendukung prosses pembelajaran.

“Siswa dan mahasiswa dituntut untuk lebih bisa belajar secara mandiri. Dan tentunya layout kelas juga akan berubah menyesuaikan dengan social distancing dalam tatanan kehidupan dan sosial dalam new normal,” tegas Ikhsan sapaan Muhammad Ikhsan.

Dengan dijalankannya new normal dan besarnya peranan teknologi di dalamnya, tentu saja skill yang berkaitan dengan teknologi, ditegaskan Iksan akan semakin dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Oleh karena itu, Iksan melihat bahwa lulusan di bidang teknologi informasi akan semakin dibutuhkan.

“Sebelum dijalankannya new normal saja lulusan dari teknologi informasi sudah sangat dibutuhkan perusahaan. Dengan pemberlakuan new normal ini, maka kebutuhan lulusan teknologi informasi akan semakin bertambah,” ujar Iksan.

Keterampilan atau skill yang akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan pada era new normal, kata Iksan antara lain adalah kemampuan cloud dan infrastructure, software development, cybersecurity, data science, dan change management.

Universitas Narotama (Unnar) Surabaya melalui Zoom Meeting Conference dan Youtube Live Narotama, yang Rabu (3/6/2020) ini menggelar konferensi internasional tersebut, mencatat sekurangnya 1.400 peserta, dengan 100 presenter, dan menghadirkan sekitar 14 keynote speaker yang berasal dari Indonesia, Malaysia, dan Thailand.(tok/tin)

Berita Terkait

Surabaya
Senin, 27 Juni 2022
25o
Kurs