Sabtu, 31 Oktober 2020

Stok Turun, PMI Surabaya Gandeng LSM Adakan Donor Darah

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Donor darah. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya menggandeng Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk mengadakan donor darah selama tiga hari, yakni 18-20 Mei 2020. Acara donor darah itu diadakan mengingat stok darah yang semakin menurun dan juga untuk tambah stok darah menjelang Idul Fitri.

Kegiatan yang diadakan di Unit Tranfusi Darah PMI Kota Surabaya tersebut akan memberikan berbagai hadiah kepada pendonor, seperti sembako, kaos, masker dan hand sanitizer sebagai bentuk kepedulian PMI Surabaya ikut menanggulangi pandemi Covid-19.

“Kita juga jemput bola, kita kerjasama dengan LSM untuk melakukan donor darah. Yang donor kita beri reward sembako, t-shirt, jaket, masker, hand sanitizer dan sebagainya. Nanti yang tidak pakai masker kita kasih, kita lakukan cek suhu, physical distancing juga kita atur,” kata dr. Martono Adi Humas Unit Transfusi Darah PMI Surabaya kepada Radio Suara Surabaya, Jumat (8/5/2020).

PMI Surabaya saat ini guat mengadakan donor darah karena stok darah yang semakin menurun sejak bulan puasa serta pemberlakukan PSBB di Surabaya. Menurut dr. Martono, penurunan jumlah kantong darah bahkan hingga 50 persen.

“Stok untuk pagi ini mengalami penurunan dari minggu-minggu kemarin sejak PSBB. Penurunan 30-50 persen. Paling tidak 750 per hari, pagi ini cuma 423 kantong darah, Sedangkan trombosit paling ndak ya 500, ini cuma 294. Ya, hampir 50 persen turunnya,” ujarnya.

Sejak diberlakukannya PSBB, kantor unit transfusi darah saat ini buka pukul 07.00-20.00 WIB. Sedangkan bagi yang ingin donor darah di Taman Bungkul, PMI akan buka pukul 09.00-19.00 WIB.

Namun, PMI Surabaya juga akan melayani donor darah ke rumah-rumah, jika jumlah pendonor minimal ada 5 orang.

“Untuk masyarakat ada 5-10 orang, untuk jemput bola kita siap,” imbuhnya.(tin/rst)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Pengunjukrasa Melintas di Diponegoro

Hujan di Bratang Surabaya

Kecelakaan Melibatkan Dua Truk di Pandaan

Kebakaran Gudang di Simorejo Sari

Surabaya
Sabtu, 31 Oktober 2020
27o
Kurs