Selasa, 2 Juni 2020

Telkomsel Optimalkan Ekosistem Digital Dukung Kebijakan Pemerintah Aktivitas di Rumah

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Telkomsel menerapkan work from home cegah penyebaran Covid-19. Foto: Istimewa

Telkomsel mendedikasikan potensi perusahaannya untuk membantu masyarakat Indonesia menghadapi situasi darurat nasional Corona Virus Disease (Covid-19), melalui gerakan #DiRumahTerusMaju. Gerakan solidaritas itu menyinergikan seluruh aset di ekosistem digital Telkomsel dalam bidang e-learning, e-health, e-commerce, e-donation, dan entertainment.

Selain itu, juga mengoptimalkannya dengan menggandeng para pelaku industri terkait. Sehingga dapat memberikan manfaat di semua sektor kehidupan masyarakat. Erick Noviantoro General Manager Consumer Sales Region Jawa Timur Telkomsel mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 ini, semuanya harus saling menjaga jarak agar Covid-19 tidak semakin meluas.

“Telkomsel sebagai leading telco digital company berkomitmen mengambil peran sebagai connectivity enabler untuk menjaga masyarakat dapat terus terhubung dan bermanfaat bagi satu sama lain. Namun Telkomsel juga menyadari, kami tidak dapat berjalan sendiri,” kata Erick melalui rilis yang diterima suarasurabaya.net, Jumat (3/4/2020).

“Melalui #DiRumahTerusMaju, Telkomsel memaknai semangat gotong royong yang didorong pemerintah RI dengan menyinergikan ekosistem digital yang selama ini telah kami bangun sekaligus mengoptimalkannya dengan bergandengan tangan dan berkolaborasi dengan para mitra dan pemangku kepentingan di berbagai bidang yang memiliki tekad yang sama untuk membantu masyarakat Indonesia. Telkomsel meyakini bahwa kita dapat melewati ujian ini jika semua pihak turut berkontribusi untuk bersama-sama menjaga Indonesia,” jelasnya.

Erick juga menambahkan pihaknya sudah menerapkan working from home (WFH). Meski demikian, kondisi tersebut diyakininya tidak akan mengurangi kualitas pelayanan Telkomsel kepada pelanggan.

Terbukti dengan diterapkannya berbagai cara baru dalam melayani pelanggan, namun tetap mendukung program physical distancing yang dicanangkan pemerintah. Salah satunya dengan memberikan kemudahan pemesanan melalui instant messaging pada beberapa outlet.

“Sebagai tanggung jawab sosial kami, Telkomsel juga memberikan 100 perdana simPATi dengan paket data 6,5 GB kepada BNPB di Surabaya untuk membantu operasional BNPB di Surabaya dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini. Telkomsel melalui LinkAja juga menyalurkan bantuan masyarakat melalui program ‘Telkomsel untuk Bangsa dan Kemanusiaan’ yang akan disalurkan oleh mitra donasi Telkomsel kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 (petugas medis, keluarga pasien, dan membantu menggerakkan sektor ekonomi melalui UKM),” ujarnya.

Di sektor pendidikan, Telkomsel juga menggandeng sejumlah platform e-learning, Perguruan Tinggi dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI) untuk memastikan aktivitas belajar di rumah secara mandiri dapat tetap dilakukan dengan efektif melalui #DiRumahTerusBelajar.

Pada program ini, Telkomsel menghadirkan Paket Bebas Akses Ilmupedia dan Paket Bebas Akses Ruang Guru yang masing-masing berisi kuota data 30GB senilai Rp 0. Keduanya dihadirkan bagi pelajar Indonesia agar mereka dapat dengan leluasa mengakses platform e-learning dari Ruangguru, Quipper, Zenius, Cakap, Bahaso, Sekolahmu, Rumah Belajar, serta situs e-learning 137 Perguruan Tinggi di Indonesia dan situs Spada Indonesia milik Kemdikbud RI yang berisi mata kuliah dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia.

Sedangkan untuk menjaga efektivitas dan produktivitas aktivitas bekerja dari rumah (working from home), Telkomsel juga menghadirkan #DiRumahTerusProduktif. Pada program e-productivity ini, Telkomsel menghadirkan paket harga khusus serta bebas kuota untuk fitur layanan solusi bisnis korporasi CloudX Telkomsel, yakni layanan komunikasi terintegrasi berbasis cloud yang dapat diakses secara fleksibel dari berbagai macam perangkat.

Sehingga produktivitas tetap terjaga walau harus bekerja dari rumah. Dalam mendukung sistem kerja WFH ini, Telkomsel memberikan bebas biaya berlangganan dan kuota internet selama satu bulan untuk mengakses layanan CloudX Meeting sebesar 60GB khusus untuk pelanggan corporate yang menjadi host meeting, serta 30GB bagi semua pelanggan yang menjadi peserta meeting dengan hanya Rp 10.

“Untuk menjaga agar masyarakat #DiRumahTerusTerhibur, pelanggan dapat menyaksikan berbagai macam film/video berkualitas melalui aplikasi MAXstream yang bekerjasama dengan beberapa partner internasional seperti HBO, beIN SPORTS, Warner, VIU, iflix, dan lainnya,” kata dia.

Guna memudahkan masyarakat untuk menjaga kesehatan dan mengakses informasi medis dan layanan kesehatan berbasis aplikasi, Telkomsel berkolaborasi dengan platform aplikasi e-health Halodoc dan Alodokter menghadirkan #DiRumahTerusSehat. Aplikasi ini memudahkan pelanggan dalam menikmati layanan kesehatan dengan tenaga medis profesional, dan pelanggan bebas akses di aplikasi tersebut hingga 500MB.

Sehingga diharapkan dapat digunakan oleh pelanggan untuk mengakses layanan yang ada di Halodoc dan Alodokter seperti Covid-19 chatbot, chat dengan dokter, pembelian obat dan alat kesehatan, dan menjadwalkan janji dengan dokter. Selain bebas akses Pelanggan juga bisa mendapatkan diskon pembelian obat di Halodoc.

Sedangkan pada program #DiRumahTerusBerbagi, Telkomsel berkolaborasi dengan platform crowdfunding kitabisa.com dan Benih Baik berupaya untuk mendorong kontribusi masyarakat Indonesia dengan memberikan donasi untuk mereka yang terdampak pandemic Covid-19, termasuk para tenaga medis yang berjuang di garis terdepan.

“Melalui program ini, pelanggan Telkomsel dapat berdonasi dengan mudah dengan menukar 50 Telkomsel POIN yang mereka miliki melalui aplikasi MyTelkomsel. Setiap 50 Telkomsel POIN setara dengan donasi sebesar Rp5.000,” tuturnya.

Telkomsel juga telah melakukan upaya pengamanan akses jaringan dengan memaksimalkan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki Telkomsel, yakni frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz. Ini untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi masyarakat Indonesia, terutama sejak diberlakukannya imbauan dari Pemerintah RI untuk melakukan aktivitas dari rumah.

“Kami juga melakukan pengamanan jaringan di wilayah residensial dan titik posko penanggulangan Covid-19, seperti kantor pemerintahan terkait dan rumah sakit. Komitmen menghadirkan cakupan dan kualitas jaringan terdepan ini juga diwujudkan Telkomsel melalui sinergi dengan Pemerintah RI seperti melalui Kementerian BUMN, Kementerian PUPR dan Kementerian Kominfo RI,” kata dia.

Permata Jaya Simarmata General Manager Network Operation and Quality Management Region Jawa Timur Telkomsel mengatakan, sejak awal periode working from home yang dimulai 15 Maret lalu, di Jawa Timur, Telkomsel mengalami peningkatan penggunaan data sekitar 13 persen. Dengan intensitas penggunaan internet oleh setiap pelanggan selama sekitar 6-8 jam per hari.

Peningkatan trafik penggunaan data paling banyak di perumahan, terutama perumahan dosen serta beberapa rumah sakit. Sementara itu, jika dikategorikan berdasar daerah, secara berurutan Mojokerto, Malang, Surabaya, dan Jombang mengalami peningkatan penggunaan data tertinggi di Jawa Timur.

“Telkomsel berterima kasih dan menyampaikan penghargaan sebesar-besarnya kepada semua pemangku kepentingan yang ikut berkontribusi dalam gerakan #DiRumahTerusMaju. Namun perjalanan ini masih panjang, sehingga pada kesempatan ini kami juga sekaligus mengundang pemangku kepentingan lainnya yang memiliki visi sama untuk bersama-sama menjaga Indonesia bersama kami untuk bergandengan tangan. Kami optimis, kita sebagai satu kesatuan masyarakat Indonesia bisa melewati masa sulit ini dengan baik,” pungkasnya. (ang/ipg)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Nur Aini Kusuma

Potret NetterSelengkapnya

Kios Bensin di Lebak Jaya Utara Terbakar

Banjir di Tambak Sawah

Pohon Tumbang di Exit Tol Dupak

Kepadatan di Pasar Wadungasri

Surabaya
Selasa, 2 Juni 2020
29o
Kurs