Senin, 3 Oktober 2022

Tersisa Enam Daerah di Jatim yang Belum Terjangkit Covid-19

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim saat menggelar konferensi pers di Gedung Negara Grahadi Jl. Gubernur Suryo Surabaya, Jumat malam (10/4/2020). Foto: Istimewa.

Jawa Timur kian memerah. Sudah 32 daerah dari total 38 kabupaten/kota di Jatim terkategori daerah terjangkit Covid-19. Sisanya hanya enam yang belum termasuk zona merah.

Jumat (10/4/2020), ada 33 tambahan kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19. Dua di antaranya di Kota Pasuruan, tiga di Kabupaten Pasuruan, tiga di Kabupaten Probolinggo, dan satu di Kota Probolinggo.

Kota dan Kabupaten Pasuruan, serta Kabupaten dan Kota Probolinggo adalah empat daerah yang mulai hari ini masuk kategori daerah terjangkit. Keempatnya mulai sekarang berwarna merah di peta sebaran Covid-19 Jatim.

Adapun enam daerah yang masih belum ditemukan kasus positif Covid-19, empat di antaranya yang berwarna oranye di peta sebaran antara lain Ngawi, Kabupaten dan Kota Mojokerto, serta Kota Madiun.

Sementara dua lainnya, Kabupaten Sampang dan Kabupaten Sumenep, sampai sekarang masih berwarna hijau. Tidak ada kasus positif dan tidak satu pun pasien dalam pemantauan (PDP) di dua daerah itu.

“Dengan makin banyaknya kabupaten/kota terjangkit di Jatim, saya ingin sampaikan kepada masyarakat, tetaplah tinggal di rumah,” kata Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim di Grahadi.

Dia meminta masyarakat hanya keluar rumah untuk hal-hal yang sangat penting. Antara lain untuk urusan logistik, urusan kesehatan, dan urusan perekonomian dan perdagangan.

Gubernur juga meminta masyarakat membangun pola hidup bersih dan sehat. Kalau pun harus keluar rumah, dia minta masyarakat terus memakai masker. Cukup masker kain yang bisa dicuci setelah empat sampai lima jam pemakaian.

“Yang terpenting, kalau harus keluar rumah, tetap jaga jarak. Saat ini jaga jarak yang disarankan minimal satu meter antara satu dengan orang lainnya,” ujar Khofifah.(den/bid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Senin, 3 Oktober 2022
31o
Kurs