Kamis, 13 Agustus 2020

Tidak Mudik, Presiden dan Ibu Negara Rayakan Lebaran Tahun Ini di Istana Bogor

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden dan Iriana Joko Widodo Ibu Negara mengucapkan selamat Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah yang jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020 dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu, (23/5/2020). Foto : Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden dan Iriana Ibu Negara tidak melaksanakan tradisi mudik ke Solo untuk merayakan Idulfitri, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Tahun ini, RI 1 dan RI 3 merayakan lebaran dengan sederhana bersama Kaesang Pangarep putra bungsunya, di Istana Bogor, Jawa Barat.

Tadi pagi, Jokowi, Ibu Iriana dan Kaesang melaksanakan Salat Idulfitri, di halaman depan Wisma Bayurini, Istana Bogor, Jawa Barat.

Dalam keterangan yang disampaikan melalui rekaman video, Jokowi mengatakan, Idulfitri tahun ini memang harus dirayakan dengan cara yang berbeda.

Menurutnya, butuh pengorbanan dan keikhlasan semua pihak untuk mematuhi larangan mudik lebaran di tengah pandemi Covid-19.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan, lebih penting menahan diri tidak mudik demi menjaga keluarga dari ancaman tertular Virus Corona.

“Selamat Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin. Saya merasakan merayakan lebaran dengan cara berbeda sangatlah berat. Tapi, keselamatan handai tolan dan sanak saudara tentu lebih penting, dan harus menjadi prioritas kita semua,” ujarnya di Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu (23/5/2020).

Lebih lanjut, Presiden meminta masyarakat tetap melaksanakan tradisi silaturahmi secara virtual menggunakan berbagai media komunikasi berbasis teknologi.

Sekadar informasi, lebaran tahun ini Presiden juga tidak menggelar acara silaturahmi (open house) di Istana Kepresidenan yang biasanya dihadiri menteri, pejabat negara, duta besar negara sahabat dan masyarakat umum.

Tidak adanya open house itu merupakan bentuk komitmen pemerintah menerapkan jaga jarak fisik sesuai protokol kesehatan untuk mengurangi potensi penyebaran Covid-19.

Dengan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan, Jokowi yakin, Bangsa Indonesia mampu melewati ujian berat akibat wabah penyakit menular. (rid/ang/iss)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Widya Qhodarum M.S

Potret NetterSelengkapnya

Pelangi Sore Hari di Surabaya

Kangen Tanggapan

Unjuk Rasa Aliansi Pekerja Seni Surabaya

Truk Patah As di Gedangan

Surabaya
Kamis, 13 Agustus 2020
33o
Kurs