Selasa, 2 Juni 2020

Lebaran Tahun Ini Jokowi Presiden Tidak Menggelar Open House

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden dalam sambutannya melalui video konferensi dari Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (20/5/2020). Foto: Biro Pers Serpres

Joko Widodo Presiden tidak berencana menerima tamu di Istana Kepresidenan pada Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah, karena masih ada wabah Covid-19.

Padahal, lebaran tahun-tahun sebelumnya, Jokowi biasa menggelar acara silaturahmi atau istilahnya open house dengan pejabat negara, duta besar negara sahabat dan masyarakat umum.

Angkie Yudistia Juru Bicara Presiden bidang Sosial mengatakan, tidak adanya open house merupakan bentuk konsistensi pemerintah untuk menerapkan jarak fisik sesuai protokol kesehatan.

“Tidak pernah ada pembahasan di dalam rapat terkait rencana open house. Itu bagian dari konsistensi pemerintah untuk menerapkan physical distancing di semua aktivitas,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima suarasurabaya.net, Jumat (22/5/2020).

Menurutnya, open house memungkinkan terjadinya pertemuan massa dan interaksi jarak dekat sehingga virus bisa cepat menyebar.

Selain presiden, Wakil Presiden dan para Menteri Kabinet Indonesia Maju juga tidak akan menggelar open house lebaran tahun ini.

Presiden, lanjut Angkie memahami lebaran adalah momentum Umat Islam saling berkomunikasi secara langsung untuk bermaaf-maafan dengan orang terdekat.

Tapi, di tengah pandemi Covid-19, Presiden meminta masyarakat tidak memaksakan diri melakukan pertemuan fisik. Jokowi mengimbau silaturahmi dengan keluarga, kerabat, dan sahabat dilakukan secara daring.

Sebelumnya, Fachrul Razi Menteri Agama mengimbau masyarakat untuk merayakan Idulfitri tahun ini di rumah, dan bersilaturahmi lewat telepon atau media sosial.(rid/tin/rst)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Kios Bensin di Lebak Jaya Utara Terbakar

Banjir di Tambak Sawah

Pohon Tumbang di Exit Tol Dupak

Kepadatan di Pasar Wadungasri

Surabaya
Selasa, 2 Juni 2020
29o
Kurs