Minggu, 22 Mei 2022

Tim Mahasiswa STIE Perbanas Surabaya Ukir Prestasi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Tim mahasiswa STIE Perbanas Surabaya ukir prestasi di masa pandemi Covid-19. Foto: Humas STIE Perbanas

Raih juara Tingkat LLDikti VII Jawa Timur, meskipun di tengah pandemi Covid-19, tim mahasiswa STIE Perbanas Surabaya, Senin (22/6/2020) buktikan kemampuan dengan mengukir prestasi.

Mahasiswa STIE Perbanas Surabaya raih juara harapan II lomba gagasan tertulis dan poster bertema Belajar dari Covid-19, gelaran Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VII Jawa Timur. Prestasi membanggakan di masa pandemi Covid-19, sekaligus bukti mahasiswa harus terus berprestasi.

Lomba kali ini diikuti sekurangnya 498 karya mahasiswa dari 78 perguruan tinggi, dan berdasar pengumuman LLDikti Nomor 938/LL7/KM/2020, tim mahasiswa STIE Perbanas Surabaya, yaitu: Cornelia Oribel, Putri Agustina, dan Dona Ambarsari masuk 5 besar terbaik.

Cornelia Oribel ketua tim mahasiswa STIE Perbanas Surabaya mengaku kaget karena pengumuman itu diberikan langsung oleh Sekretaris Program Studi Sarjana Akuntansi kampus STIE Perbanas Surabaya sendiri. Cornelia dan timnya tidak menyangka karya mereka terpilih.

“Dengan sekian banyak karya, kami dapat Juara Harapan 2 yang mana Terbaik Kelima itu tentunya sangat mengharukan bagi kami. Apalagi tim kami ini dengan anggota yang ada sebenanrnya adalah tim yang baru saja terbentuk. Kami bertiga sampai menangis begitu tahu pengumumannya,” ujar Cornelia.

Gagasan tertulis dan poster yang dibuat oleh tim STIE Perbanas Surabaya untuk lomba kali ini berjudul: Penerapan Kebijakan New Normal Perkuliahan dan Pemanfaatan Platform E-Campus Education di Masa Pandemi Covid-19. Pada paper tersebut ditampilkan dua gagasan penting yang bisa diterapkan kampus dan diikuti oleh segenap mahasiswa.

Pertama, penerapan kuliah bergilir merupakan penerapan dari physical distancing untuk menghindari terjadinya kemungkinan munculnya cluster baru. Kedua, Platform Digital E-Campus Education memiliki fitur yang dibutuhkan mahasiswa agar kuliah daring berjalan optimal dan maksimal.

“Selama kuliah daring, mahasiswa dapat memanfaatkan E-Campus Education, sebagai sarana menambah sumber referensi dan pemahaman dalam bentuk fitur video pembelajaran, slide materi, PDF materi, forum tanya jawab, dan juga beberapa latihan soal. Ini dibutuhkan pada saat pandmei seperti sekarang ini,” papar Cornelia, Senin (22/6/2020).

Ditambahkan Putri Agustina satu diantara anggota tim bahwa dirinya dna bersama-sama tim selalu berdiskusi via video call, karena masing-masing anggota tim ini masih berada di rumah masing-masing.

Setelah ide akhirnya dicetuskan, kemudian tim selanjutnya melakukan riset dengan Google Form kepada puluhan mahasiswa dari berbagai kampus. Dan akhirnya, paper dan poster sesuai dengan tema dapat terselesaikan kurnag lebih selama seminggu.

“Google Form kita kirimkan sebagai bukti riset. Untuk kuliah daring, apabila kami ciptakan rancangan platform, mereka (responden) menyatakan banyak yang tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran bersama-sama,” tambah Putri.

Ketiga mahasiswi prodi Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Perbanas Surabaya ini pasca merebut juara punya keinginan dan tekad untuk terus lebih banyak mengukir prestasi yang berguna bagi pribadi maupun untuk kemajuan kampus.

Menurut Cornelia, justru dengan merebut juara ini bukan berarti kemudian menjadikan mereka sebagai orang yang cepat merasa puas dan tinggi hati. Mereka menilai banyak hal yang perlu dipelajari lagi agar meraih hasil yang lebih baik ke depan.

“Kami berharap, kami dan mahasiswa STIE Perbanas Surabaya yang lainnya bisa terus berkembang dan mengukir prestasi untuk kami dan nama baik kampus meskipun saat ini kami dan kita semua berada di masa-masa pandemi Covid-19,” pungkas Cornelia dan Putri.(tok/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Minggu, 22 Mei 2022
28o
Kurs