Jumat, 29 Maret 2024

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Jatim Mencapai 29,35 Persen

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur. Foto: Istimewa

Ada 320 orang tambahan pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh pada Jumat (12/6/2020), sehingga total kesembuhan di Jatim menjadi 7.416 orang atau setara 29,35 persen dari total kasus terjangkit.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Jatim yang diketuai Gubernur Jatim menyatakan, recovery rate atau tingkat kesembuhan hari ini tertinggi selama dua bulan terakhir.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur menyampaikan rasa syukur yang mendalam atas kabar menggembirakan itu. Dia mengapresiasi seluruh tenaga medis dan paramedis di Jawa Timur.

“Alhamdulillah, kami bersyukur luar biasa kepada Allah SWT atas bertambahnya pasien covid-19 yang sembuh di Jatim. Terima kasih kepada tenaga medis yang bekerja luar biasa,” katanya.

Kota Surabaya, kali ini, menjadi penyumbang kesembuhan pasien Covid-19 terbanyak di Jawa Timur. Ada sebanyak 190 orang terjangkit Covid-19 yang dinyatakan sembuh di Kota Pahlawan.

Selain Surabaya, Sidoarjo juga menyumbangkan pasien sembuh cukup banyak, mencapai 24 orang. Dari Kota Kediri ada 10 orang yang sembuh, kemudian ada delapan orang dari Kabupaten Probolinggo.

Selain itu, masing-masing empat orang sembuh dari Lamongan dan Gresik. Masing-masing tiga orang dari Tuban dan Jember. Masing-masing dua orang dari Lumajang dan Kabupaten Madiun. Serta masing-masing satu orang dari Bangkalan dan Kota Malang.

“Di Jawa Timur sudah tidak ada PSBB, Surabaya Raya dan Malang Raya sudah masuk masa transisi new normal. Tetapi sekali lagi, ini bukan pelonggaran seluas luasnya. Melainkan pendisiplinan menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Penggunaan masker, penerapan physical distancing (jaga jarak fisik), dan rajin mencuci tangan dengan sabun masih perlu dilakukan secara disiplin agar penyebaran kasus Covid-19 bisa terus menurun.

Mantan Menteri Sosial itu juga terus mengajak para penyintas Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh dengan dua kali tes PCR agar berkenan mendonorkan plasma darahnya.

Donor plasma dari pasien sembuh akan bermanfaat untuk terapi plasma convalescent yang terbukti efektif membantu penyembuhan pasien Covid-19 dengan kondisi berat dan sangat berat.

Meski angka kesembuhan meningkat cukup signifikan, di hari yang sama terkonfirmasi tambahan kasus positif Covid-19 mencapai 243 orang. Sehingga total kasus Covid-19 di Jatim menjadi 7.213 kasus.

Selain itu, ada 15 kasus tambahan pasien Covid-19 yang dinyatakan meninggal. Dengan adanya tambahan ini, jumlah pasien Covid-19 di Jatim yang meninggal menjadi 588 orang.(den/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs