Sabtu, 23 Januari 2021

Tol KLBM Seksi 1 Sampai 3 Resmi Beroperasi

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Gerbang Tol Lebani Gresik bagian ruas KLBM. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) seksi 1, 2 dan 3 mulai beroperasi Sabtu hari ini (28/11/2020), yakni mulai dari Krian (Sidoarjo) menuju Bunder (Gresik). Ruas tol tersebut telah resmi beroperasi pukul 14.00 WIB siang tadi.

Damar Bagian K3L Bagian PT Waskita Bumi Wira Jatim mengatakan, tol sepanjang 29 kilometer itu masih dalam tahap percobaan sehingga pengendara belum dikenakan tarif. Masa percobaan diperkirakan maksimal selama 14 hari. Diperkirakan biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan jalan tol ini nantinya sebesar Rp1.500 per kilometer.

“Misal bertarif mungkin kita ada per satu kilometer Rp1.500. Jarak Bunder ke Krian 30 menit saja,” kata Damar kepada Radio Suara Surabaya, Sabtu petang.

Sedangkan untuk rest area di KM 12, lanjutnya, saat ini masih dalam proses pembangunan. Rencananya, terdapat dua rest area di masing-masing jalur baik dari Krian-Bunder maupun sebaliknya.

“Fasilitas umum seperti rest area masih dalam pembangunan. Kira-kira ya awal tahun depan ini untuk rest area di dua jalur,” tambahnya.

Pada hari pertama operasional tol Krian-Bunder, Damar mengatakan masih banyak pengendara yang belum mengetahui pembukaan tol tersebut.

“Makanya dari gerbang tol Kebomas masih banyak yang belok kanan. Mungkin karena belum tersosialisasi dengan baik. Semoga tol ini bisa bermanfaat untuk masyarakat,” ujarnya.

Seperti yang diketahui, ruas tol di seksi 1 meliputi Krian menuju interchange (IC) Kedamaian, lalu Seksi 2 ke arah Cerme ada exit interchange, Seksi 3 ada junction Kebomas keluar ke Jalan dr Wahidin. Adapun seksi 4 ditarget bisa selesai tahun 2022, karena sekarang proses pembebasan tanah, ruasnya menghubungkan Manyar ke kawasan JIIPE Gresik.

Sebelumnya, Destiawan Soewardjono Direktur Utama Waskita Karya mengatakan, ruas tol tersebut akan memberikan aksesibilitas atau mobilisasi yang sangat baik bagi kendaraan logistik.(tin/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pak Nunut Pak …

Jelang Tol Manyar Banjir

‘Ranjau’ di Bawah Layang Trosobo

Empat Stand Pasar Ikan Hias Gunung Sari Terbakar

Surabaya
Sabtu, 23 Januari 2021
31o
Kurs