Selasa, 19 Maret 2024

Tujuh Kecamatan di Pasuruan Alami Kekeringan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi kekeringan. Grafis: suarasurabaya.net

Sebanyak tujuh kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur mengalami kekeringan sehingga membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan menyalurkan bantuan air bersih melalui mobil tangki.

Tectona Jati Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan di Pasuruan, Selasa mengatakan, tujuh kecamatan itu masing-masing Kecamatan Lumbang, Winongan, Pasrepan, Lekok, Gempol, Grati dan Kejayan.

“Kalau jumlah kepala keluarga yang terdampak kami masih belum mendata pasti. Namun yang jelas terdapat 21 desa yang tersebar di tujuh kecamatan itu,” katanya, seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan, terkait dengan kejadian kekeringan itu pihaknya melakukan beberapa langkah seperti melaksanakan distribusi air bersih dengan menggunakan APBD Kabupaten Pasuruan.

“Kami juga melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur terkait dengan bantuan air bersih yang saat ini masih belum tercover oleh APBD Kabupaten Pasuruan,” urainya.

Kemudian, kata dia, pihaknya juga mendorong kepada pihak swasta melalui dana corporate social responsibility (CSR) untuk membantu air bersih ke desa yang mengalami kekeringan.

“Pengiriman bantuan air bersih tidak hanya dilakukan pada pagi dan siang hari, karena pada malam hari kami juga melakukan pengiriman distribusi air bersih kepada masyarakat yang mengalami kekeringan,” ujarnya.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 19 Maret 2024
31o
Kurs