Selasa, 19 Maret 2024

Uji Klinis Kombinasi Obat Penawar Covid-19 Unair Segera Diserahkan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Prof. Moh. Nasih Rektor Unair. Foto: Humas Unair

Universitas Airlangga (Unair) Surabaya segera menyerahkan hasil uji klinis fase ketiga lima kombinasi obat penawar Covid-19 ke Jakarta untuk melalui proses selanjutnya sebelum diproduksi massal.

“Kami akan menyerahkan hasil uji klinis fase ketiga lima kombinasi obat penawar Covid-19 kepada mitra kami yang ada di Jakarta,” kata Prof Mohammad Nasih Rektor Unair di Surabaya, Jumat (14/8/2020).

Nasih mengungkapkan semua proses uji klinis lima kombinasi obat penawar Covid-19 yang diminta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) seperti inklusivitas, etik dan lain telah dipenuhi dan hasilnya cukup menggembirakan.

Unair telah menguji coba lima kombinasi obat penawar Covid-19 kepada sebanyak 700 pasien, sementara BPOM hanya memberi persyaratan uji klinis diuji coba kepada 600 pasien.

“Dari proses tersebut akan kami berikan ke pemberi pekerjaan yakni mitra kami. Proses selanjutnya terserah mereka. Karena Unair telah menyelesaikan tugasnya,” katanya, seperti dilaporkan Antara.

Setelah proses tersebut, agar lima kombinasi obat penawar Covid-19 bisa diedarkan, kata dia, harus terlebih dahulu mendapat izin edar dan izin produksi dari BPOM.

Jika izin produksi maupun izin edar telah didapat dari BPOM, Nasih optimistis lima kombinasi obat penawar Covid-19 akan dapat diedarkan pada September 2020.

“Jika itu sudah dapat akan diproduksi. Kami yakin BPOM melihat bahwa masalah ini sangat mendesak sehingga mereka berbesar hati memberikan izin produksi dan izin edar. Jika itu diberikan, September bisa diproduksi. Tapi itu bukan ranah Unair,” katanya.

Ia meminta dukungan dari berbagai pihak untuk mendukung lima kombinasi obat yang telah ditemukan peneliti Unair sehingga obat tersebut dapat dimanfaatkan sebelum ditemukannya vaksin Covid-19.

“Mohon doanya, dalam satu dua hari ini kami akan rilis temuan-temuan itu. Paling tidak sampai vaksinnya ada, obat ini bisa dimanfaatkan,” kata Mohammad Nasih.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 19 Maret 2024
35o
Kurs