Minggu, 5 Mei 2024

Unair Siapkan Proposal Produk Vaksin COVID-19

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Prof Mohammad Nasih Rektor Unuversitas Airlangga (Unair) Surabaya saat ditemui wartawan, Rabu (18/3/2020). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Universitas Airlangga (Unair) Surabaya mengaku siap menemukan vaksin untuk mengatasi penyebaran virus corona (COVID-19) yang saat ini menjadi pandemi global.

Prof Mohammad Nasih Rektor Unair di Surabaya, Rabu (18/3/2020) mengatakan, Unair melalui Institute of Tropical Disease (ITD) saat ini masih menyusun proposal dan siap melanjutkan ke tahapan selanjutnya, yakni penyiapan vaksin untuk COVID-19.

“Kami siap melanjutkan untuk ke produk antivirus atau vaksinnya. Kami sudah siapkan berbagai metode yang sudah kami diskusikan. Saat ini kami sedang dalam tahap penyusunan proposal,” ujar Nasih.

Nasih mengungkapkan, saat ini ITD telah mengantongi enam sampel spesimen positif COVID-19. Berbekal dari sampel tersebut dan izin dari Balitbang Kementerian Kesehatan, Nasih mengatakan pembuatan vaksin tersebut bisa dilakukan.

“Tentunya pembuatan vaksin ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Membutuhkan proses yang panjang. Oleh karenanya terus kami upayakan percepatannya di segala lini,” ujar Nasih.

Menurut Nasih, untuk menemukan vaksin banyak tahapan yang harus dilakukan, seperti melakukan pendekatan, pengujian pada hewan, dan tahap klinis.

“Sehingga memang proses dan waktunya cukup panjang tapi kami optimis dengan seizin Balitbangkes kita akan bisa mengembangkan produk itu,” ujarnya.

Saat ini surat keputusan (SK) untuk kewenangan Unair dalam pembuatan antivirus atau vaksin masih belum turun dari Balitbangkes karena masih dalam proses telaah proposal.

“Kebetulan kami di sini punya pusat riset Biomolekul ion. Di situ juga nanti kan bisa menghasilkan produk yang yang cukup relevan dengan ini di ITD juga sudah biasa menciptakan vaksin. Kami mohon doa restunya saja mudah-mudahan kita bisa menemukan penangkal virus COVID-19 ini,” ujarnya. (bid/tin/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs