Sabtu, 20 April 2024

Undika Salurkan DAS Pada Pemkot Surabaya, Partisipasi Lawan Covid-19

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Alat otomatis sederhana karya mahasiswa Undika yang diberi nama DAS disalurkan untuk Pemkot Surabaya. Foto: Humas Undika

Universitas Dinamika (Undika) menyalurkan 10 alat hand sanitizer DAS (Dinamika Automatic Sanitizer) pada Pemkot Surabaya, Kamis (16/4/2020).

Alat penyemprot hand sanitizer otomatis ini merupakan bagian dari upaya Undika terus berinovasi menyelesaikan permasalahan yang sedang terjadi ditengah masyarakat saat ini, yaitu pandemi Covid-19.

Undika membuat 30 DAS, dan 10 di antaranya disumbangkan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya yang secara simbolis disampaikan Ryan Adi Djauhari Wakil Rektor IV Bidang Publikasi Dokumentasi dan Branding Undika langsung kepada Tri Rismaharini Walikota Surabaya.

Penyerahan dan uji coba DAS tersebut dilakukan di Balai Kota Surabaya, dan Tri Rismaharini Walikota Surabaya secara langsung juga mengapresiasai alat yang diciptakan oleh beberapa mahasiswa Undika ini.

“Terimakasih atas alat yang diberikan, semoga bermanfaat,” ujar Risma.

Risma juga berharap bahwa dengan adanya inovasi alat penyemprot hand sanitizer otomatis ini bisa mengurangi penyebaran Covid-19 yang memang bisa jadi berlangsung melalui barang.

Ditambahkan Febriadhitya Prajatara Kabag Humas Pemkot Surabaya sangat berterimakasih atas sumbangan yang diberikan kepada pemkot.

“Kami berterimakasih pada rekan-rekan mahasiswa Universitas Dinamika atau Stikom Surabaya yang sudah membuatkan alat DAS yang sangat menarik,” kata Febri.

Febri berharap DAS bisa efektif mengurangi penularan Covid-19, karena tidak mengharuskan penggunanya memegang tombol hand sanitizer. Febri, juga berharap agar seluruh mahasiswa, khususnya mahasiswa Undika terus berinovasi sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Selain inovasi, kami berharap mahasiswa dan kampus bisa turut membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat untuk social dan phisical distancing, sehingga penyebran virus ini berakhir dan kita bisa kegiatan dengan normal,” tegas Febri.

Sementara itu Ryan Adi Djauhari Wakil Rektor IV Bidang Publikasi Dokumentasi dan Branding Undika mengatakan, pihaknya sudah mengumpulkan donasi berupa uang, yang nantinya secara tunai disumbangkan kepada masyarakat dalam bentuk karya mahasiswa, hand sanitizer juga masker.

“DAS kami produksi 30 buah, dan 10 untuk pemkot, 20 lainnya untuk beberapa rumah sakit, kebun binatang, dan tempat umum lainnya,” jelas Ryan.

Ryan juga berharap inovasi yang dibuat oleh Undika bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Sehingga penyebaran pandemi Covid-19 dapat diputus.

Sekedar informasi DAS merupakan inovasi enam mahasiswa S1 Teknik Komputer Undika diantaranya, Muhammad Nur Gahutsul Azham, Danang Sindhu Prasetyo, Ridlo Alfatoriq Putro, Erwin Fajar Kurniawan, dan Dimas Achmad Dahlan, yang dibimbing Dr. Susijanto Tri Rasmana, S.Kom., M.T., dosen Teknik Komputer Undika. (tok/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs