Sabtu, 20 April 2024

WNI Kru Diamond Princess Positif COVID-19 yang Sudah Sembuh Juga Dijemput

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Pesawat Garuda yang bawa pulang WNI Kru Kapal tiba di Bandara Internasional Jawa Barat Majalengka, Minggu (1/2/2020). Foto: Antara

Sebanyak dua warga negara Indonesia kru Kapal Diamond Princess yang sempat sakit positif COVID-19 dan dinyatakan sembuh turut dijemput kembali ke Indonesia bersama 67 WNI lainnya.

Achmad Yurianto Sekretaris Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan membenarkan itu di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Minggu (1/2/2020) malam.

Salah satu WNI positif COVID-19 yang sudah dinyatakan sembuh menambah daftar penumpang pesawat Garuda Indonesia yang tadinya hanya akan membawa 68 WNI menjadi 69 orang WNI.

“Yang positif awalnya sembilan, satu sembuh melalui dua pemeriksaan terakhir. Satu lagi dinyatakan sembuh dari dua kali pemeriksaan,” kata Yurianto dikutip Antara.

Ada dua WNI yang menolak ikut pulang karena memang bekerja sebagai kru inti di kapal itu dan bertanggung jawab pada Diamond Princess. Total seluruh WNI yang menjadi kru kapal itu 78 orang.

Yurianto menegaskan bahwa 69 orang WNI kru kapal Diamond Princess benar-benar sudah dinyatakan sehat oleh otoritas kesehatan Jepang.

“Alhamdulillah, dari 69 ini semua tidak ada yang panas, tidak ada yang batuk, tidak ada yang sesak. Artinya, mereka memenuhi persyaratan melanjutkan perjalanan ke tanah air,” katanya.

Dia juga tegaskan 67 WNI kru kapal sudah menjalani masa karantina selama 14 hari di dalam Kapal Diamond Princess dan dinyatakan negatif COVID-19 melalui pemeriksaan PCR.

Meski demikian, otoritas kesehatan Indonesia akan kembali melakukan pemeriksaan ulang baik secara klinis dan laboratorium, serta melakukan observasi.

Pemerintah, kata Yurianto, akan melakukan pemeriksaan laboratorium pada 69 WNI yang dievakuasi dengan dua metode berbeda. Baik dengan metode PCR yang hanya butuh waktu sehari dan metode genom sequencing yang makan tiga hari tetapi lebih detail sampai struktur genetik.

“Nanti akan dimasukkan di kapal, kami akan melakukan pemeriksaan kembali, double cek dan nantinya akan kami bawa ke Sebaru untuk kami lakukan observasi. Semua masih on schedule,” kata Yurianto.

Pesawat Garuda yang terbang dari Bandara Haneda, Jepang, membawa 69 WNI ABK Diamond Princess mendarat di BIJB Kertajati, Majalengka Minggu malam pukul 23.03 WIB, diiringi hujan gerimis.

Sekitar 200 meter dari depan pesawat lima unit bus terlihat di landasan bandara. Kelimanya bertuliskan RSPAD Gatot Subroto. Bus-bus itu yang membawa WNI ABK Diamond Princess ke Pelabuhan Indramayu.

Sampai pukul 23.12, seluruh WNI masih di dalam pesawat.(ant/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs