Sabtu, 27 April 2024

YMI ITS Bagikan Ratusan Paket Sembako untuk Nelayan dan Sopir Taksi di Surabaya

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Yayasan Manarul Ilmi (YMI) ITS membagikan paket sembako pada nelayan di kampung nelayan, Kelurahan Sukolilo, Kecamatan Bulak, Surabaya pada Sabtu (16/5/2020) pagi. Foto : Istimewa

Yayasan Manarul Ilmi (YMI) ITS membagikan ratusan paket sembako pada nelayan dan sopir taksi di kampung nelayan, Kelurahan Sukolilo, Kecamatan Bulak, Surabaya dan Pool Taksi Blue Bird Kenjeran, Surabaya pada Sabtu (16/5/2020) pagi.

Triyanto Ketua YMI ITS mengatakan, pembagian sembako ini menjadi bagian dari program 2.000 Sembako yang digelar YMI ITS selama bulan Ramadan. Kali ini, mereka bekerjasama dengan lembaga ACT untuk membagikan sembako di dua tempat terdampak pandemi Covid-19.

“Kenapa kita memilih kampung nelayan, karena banyak nelayan yang tidak melaut lagi karena kondisi saat ini, menjualnya (ikan hasil tangkapan) susah. Begitu juga dengan taksi Blue Bird. Mereka saat ini sangat kesulitan. Karena di saat kondisi ini, tidak ada yang naik, di taksi Blue Bird ini sudah mulai ada yang dirumahkan,” ujar Triyanto pada Sabtu (16/5/2020).

Yayasan Manarul Ilmi (YMI) ITS membagikan paket sembako pada sopir taksi di Pool Taksi Blue Bird Kenjeran, Surabaya pada Sabtu (16/5/2020) pagi. Foto : Istimewa

Sebanyak 100 paket sembako dibagikan di kampung nelayan Bulak, dan 150 lainnya pada sopir-sopir taksi di Kenjeran.

Husein (54) warga kampung nelayan yang mendapat bantuan mengatakan, dirinya sudah tidak lagi melaut. Untuk kebutuhan hidup sehari-hari bersama istri dan empat cucunya, ia bergantung pada anaknya yang bekerja di pabrik.

Di sisi lain, Suyono Ketua Serikat Pekerja Pool Blue Bird Kenjeran mengaku, selama kebijakan PSBB berlangsung di Surabaya, para supir harus bekerja ekstra untuk mendapat penghasilan. Ia juga mengatakan, sebagian karyawan sudah dirumahkan.

Sebagai informasi, selama bulan ramadan ini, yayasan yang didirikan untuk menangani zakat, infaq, shadaqah, dan waqaf produktif (ziswah) ini sudah enam kali menggelar kegiatan serupa dengan total bantuan yang dibagikan ke masyarakat sebanyak 1.500 paket sembako. (bas/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs