Minggu, 22 Mei 2022

1.898 Mahasiswa Baru UK Petra Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Djwantoro Harjito Rektor UK Petra Surabaya saat memberikan sambutan pada WGG 2021. Foto: Humas UK Petra

Setidaknya ada 1.898 mahasiswa baru Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya mengikuti sejumlah kegiatan dalam Welcome Grateful Generation (WGG) 2021, Jumat (30/7/2021).

Termasuk berbagai kegiatan yang digelar secara daring dan aksi sosial. Satu di antaranya memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

WGG 2021 sedikit berbeda dengan sebelumnya karena hampir seluruh kegiatan digelar tanpa tatap muka dengan maksimalkan sarana daring.

Kegiatan kepedulian dengan #BangkitBersamaUKP di antaranya dilakukan dengan aksi kepedulian mahasiswa baru.

Caranya dengan membantu promosi di media sosial, atau membuatkan logo, poster bagi beberapa pelaku UMKM, yang memang terdampak pandemi Covid-19.

Sedangkan kegiatan lain yang juga dilaksanakan secara daring adalah wawasan kebangsaan, virtual campus tour, serta virtual library tour via zoom.

Sejumlah nara sumber terlibat. Seperti Peter Shearer founder dan CEO Wahyoo serta Ir. Pauline Boedianto Msc., Arch., arsitek pembela hal rakyat miskin dan spesialisasi pemulihan kampung kumuh.

Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito M. Eng., Rektor UK Petra Surabaya menyampaikan melalui kegiatan Welcome Grateful Generation (WGG) 2021 ini diharapkan para mahasiswa baru nantinya tidak sekedar terampil atau pandai di bidang akademisi saja.

Tapi juga dilengkapi dengan keterampilan lainnya yang menjadikan para mahasiswa dan alumni tetap relevan dengan perkembangan zaman.

“Kepada para mahasiswa baru khususnya, kami berharap nantinya mereka tidak hanya sekedar menjadi mahasiswa yang terbaik dan bernilai secara akademik, tetapi para mahasiswa baru ini ke depan nanti diharapkan juga memiliki leadership skill, soft skill dan bahkan sekaligus menemukan panggilan hidup serta makna hidup,” ujarnya.

Kegiatan WGG 2021 dengan tema Perfectly Imperfect, Be The Light to Impact ini, kata Djwantoro juga ingin mengajak para mahasiswa baru menyadari untuk selalu bersyukur pada kondisi dan keadaan seperti apapun.

Termasuk pada kondisi saat ini ketika pandemi Covid-19 masih belum rampung untuk tetap berkarya dan menghasilkan banyak karya bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Semoga ke depan nanti, para mahasiswa baru yang juga akan menjadi keluarga besar Universitas Kristen Petra Surabaya, untuk terus berkarya dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Apalagi saat ini pandemi Covid-19 masih belum usai,” pungkas Djwantoro.(tok/den)

Berita Terkait

Surabaya
Minggu, 22 Mei 2022
27o
Kurs