Kamis, 25 April 2024

12 Pegawai KPK yang Gagal Tes TWK Datang ke MUI

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
12 pegawai KPK yang gagal lolos TWK datang ke MUI, Jumat (4/6/2021). Foto : Istimewa

Sebanyak 12 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang gagal Test Wawasan Kebangsaan (TWK) datang ke kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat di Menteng, Jakarta Pusat.

Kedatangan 12 pegawai KPK tersebut disambut Abdullah Jaidi Ketua MUI Bidang Pendidikan dan Kaderisasi dengan M Cholil Nafis Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah.

Pasca pertemuan itu, Kiai Cholil mengatakan, kehadiran mereka ke MUI dalam rangka mengadukan proses seleksi TWK.

12 pegawai KPK itu, tutur Kiai Cholil, menyaksikan bagaimana untuk menjadi ASN di KPK masih harus menjalani TWK, sementara di lembaga lain seperti Komnas HAM tidak perlu. Pegawai di Komnas HAM, tutur mereka, langsung menjadi ASN tanpa TWK terlebih dahulu.

‘’Pegawai KPK tersebut juga menceritakan bahwa mereka sudah banyak yang bekerja selama belasan tahun dan bahkan tidak pernah kesandung masalah etik, ’’ ujar Kiai Cholil dalam keterangannya, Jumat (4/6/2021).

Kiai Cholil menambahkan, kehadiran pegawai KPK itu ke MUI juga untuk mempersoalkan materi TWK. Soal-soal di TWK, tutur mereka, tidak mencerminkan keahlian bahkan tidak mencerminkan kebangsaan.

Terakhir, mereka juga menceritakan bahwa mereka tidak nyaman dengan banyaknya serangan termasuk berbagai fitnah yang ditujukan mulai dari Taliban sampai anti-NKRI.

Kiai Cholil mengatakan, dirinya akan mencoba membawa masalah ini ke dalam Rapat Pimpinan Harian MUI. Sehingga nantinya akan muncul tanggapan resmi dari MUI.

‘’Kita akan bawa masalah ini ke dalam rapat Pimpinan Harian MUI untuk memastikan langkah apa yang akan diambil MUI, ’’ ujar dia.(faz/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs