Jumat, 29 Maret 2024

200 Personel Polres Mojokerto Jalani Tes Swab PCR Pasca Bertugas dalam Operasi Ketupat

Laporan oleh Anton Kusnanto
Bagikan
Dony Alexander jalani tes swab PCR usai Operasi Ketupa 2021 Foto:

Sebanyak 200 personel Polres Mojokerto yang bertugas dalam Operasi Ketupat Semeru 2021 menjalani tes swab PCR pada Selasa (18/5/2021). Pemeriksaan ini untuk mencegah penularan Covid-19 dari polisi ke masyarakat.

Pengambilan sampel swab ratusan personel digelar di lapangan upacara Mapolres Mojokerto, Jalan Gajah Mada, Mojosari. Selanjutnya, sampel akan diperiksa di Labkesda Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto.

AKBP Dony Alexander Kapolres Mojokerto juga menjalani tes swab PCR tersebut.

AKBP Dony menyatakan tes swab PCR massal di Polres Mojokerto ini, untuk mendeteksi anggotanya yang mungkin terinfeksi Covid-19. Pasalnya, mereka banyak berinteraksi dengan masyarakat selama bertugas dalam Operasi Ketupat Semeru 2021 dan penyekatan mudik lebaran sejak 22 April lalu.

Dony ingin memastikan semua anggotanya aman dan tetap sehat sehingga tidak menularkan Covid-19 saat melayani masyarakat.

“Setelah larangan mudik, ratusan personel Polres Mojokerto ini juga masih harus melaksanakan pengetatan mobilitas penduduk hingga 24 Mei nanti,” ujar Dony.

Itu sesuai dengan Adendum Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri.

Pengetatan mobilitas penduduk digelar mulai hari ini sejak berakhirnya larangan mudik lebaran pada Senin (17/5/2021). Masyarakat yang akan masuk ke Mojokerto tetap menjalani pemeriksaan di empat pos. Yaitu di Ngoro, Pacet, Trawas, dan PPST Trowulan.

Anggota Polres Mojokerto yang positif Covid-19, kata Dony, bakal langsung diisolasi sampai sembuh. Tempat isolasi di Puskesmas Gondang sudah disiapkan untuk polisi yang terinfeksi virus Corona tanpa gejala klinis.

“Bagi yang mempunyai penyakit bawaan, akan di rujuk ke rumah sakit supaya penanganannya lebih maksimal untuk penyembuhan personel kami,” ujar Doni.

Nur Mutoliah, Kepala Labkesda Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto menjelaskan, pengambilan sampel swab 200 polisi ditargetkan selesai hari ini. dan hasil tes swab PCR diperkirakan keluar malam nanti. (ton/frh/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs