Rabu, 7 Desember 2022

Alumni Unair Saweran Satus Ewuan untuk Beli Ambulans

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Petugas memindahkan mobil ambulans di samping ruang isolasi RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Kamis (5/3/2020). Foto: Antara

Kondisi pandemi yang sedang melanda Indonesia membuat alumni Universitas Airlangga merasa harus turut serta dalam membantu pemulihan negeri.

Lewat program penggalangan dana “Saweran Satus Ewuan”, Keluarga Alumni Universitas Airlangga (Kalingga) berupaya mendukung pelayanan kesehatan lewat pembelian ambulans.

Kalingga ialah perkumpulan alumni lintas fakultas di Unair yang bertujuan memperkuat persaudaraan, mendukung kemajuan kampus, dan mengabdi kepada masyarakat dengan program nyata.

Poster program Saweran Satus Ewuan oleh Kalingga
Foto: Humas Unair

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima suarasurabaya.net, kata “Saweran” sengaja dipilih untuk menggambarkan penggalangan dana yang bersifat gotong-royong, salah satu asas yang dianut bangsa Indonesia.

Sedangkan, “Satus Ewuan” yang dalam bahasa Indonesia berarti seratus ribuan dimaknai agar banyak yang bisa terlibat tanpa ada rasa malu untuk menyumbang karena nominal yang tidak banyak.

“Intinya, membantu itu bisa dimulai dari yang kecil, dan siapapun mampu melakukannya asal ikhlas. Nah bantuan yg kecil-kecil ini kalau dilakukan bersama-sama, kan, bisa besar juga,” kata Bustomi penanggungjawab program sekaligus alumni FISIP Unair itu.

Nantinya, penggalangan dana yang diadakan oleh perkumpulan alumni Universitas Airlangga itu akan dibelikan kendaraan operasional multiguna atau ambulans untuk Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA).

Tujuannya, tidak lain dalam rangka mendukung kebutuhan ambulans, kendaraan pengangkut obat, makanan, atau antar-jemput tenaga kesehatan.

“Kami sudah berkomunikasi dengan pihak pihak yang paham soal itu, Insya Allah sumbangan kendaraan akan sangat bermanfaat,” ujarnya.(frh/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Rabu, 7 Desember 2022
29o
Kurs