Kamis, 7 Juli 2022

Anak-Anak Liponsos Kalijudan Surabaya Rayakan Hari Disabilitas Internasional

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Anak-anak disabilitas belajar membuat gelang bersama Brabro, Kamis (2/12/2021). Foto: Manda Roosa suarasurabaya.net

Wajah anak-anak disabilitas di UPTD Liponsos Kalijudan Surabaya tampak tersenyum cerah, karena hari ini di tempat mereka jadi pusat kegiatan merayakan Hari Disabilitas Internasional.

Diinisiasi oleh para relawan dari disabilitas berkarya, banyak kegiatan di hari istimewa ini, bersama Kampung Dolanan Cak Mus. Anak-anak dikenalkan permainan tradisional, seperti enggrang, gangsing, kelereng, dakon, balap karung dan masih banyak lagi.

Selain itu mereka juga diajak membuat gelang dari benang paracord bersama Brabro.

Eko Dotonugroho co founder dari Disabilitas Berkarya mengatakan, keseruan hari ini dengan tema Seru Hore.

“Kita memberikan hiburan, pengenalan permainan dolanan dan pelajaran tali temali, dan didukung banyak teman-teman komunitas. Kami ingin anak-anak kami mendapat ilmu setidaknya bisa melatih kebersamaan, kekuatan dan pelajaran tali temali untuk melatih motoriknya,” jelas Eko yang juga penghobi fotografi, Kamis (2/12/2021).

Menariknya, di acara ini tidak hanya anak-anak disabilitas yang menikmati keseruan mengenal mainan tradisional tapi para pengunjung turut lebur dan bermain bersama mereka. Bahkan, Armuji Wakil Wali Kota Surabaya juga turut hadir  di acara ini.

Sebagai informasi, di UPTD Liponsos Kalijudan, ada sekitar 50 anak-anak berkebutuhan khusus, bersama dengan para relawan dari Disabilitas Berkarya yang dimotori oleh Leo Gemati. Mereka diajarkan keterampilan antara lain membatik, mengenal teknik fotografi, dan bahasa isyarat.(man/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Kamis, 7 Juli 2022
29o
Kurs