Jumat, 28 Januari 2022

Bambang DH Ajak Civitas Academica Untag Tetap Semangat Meski Pandemi Covid-19 Belum Usai

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Upacara HUT ke 76 Kemerdekaan Republik Indonesia digelar virtual oleh Untag di masa pandemi Covid-19. Foto: Humas Untag

Masa pandemi Covid-19 yang belum usai tidak menghalangi semangat civitas akademica Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya memperingati Hari Kemerdekaan ke-76 tahun Republik Indonesia. Itu diwujudkan dalam upacara virtual yang diselenggarakan Selasa, (17/8/2021).

Upacara diikuti dengan khidmat oleh lebih dari 500 peserta yang terdiri atas mahasiswa, dosen hingga pejabat struktural di lingkungan YPTA Surabaya. Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, diusung sebagai tema peringatan Kemerdekaan RI tahun ini.

Meski digelar secara virtual, upacara dilengkapi pengibaran bendera merah putih oleh UKM Resimen Mahasiswa melalui pemutaran video. Upacara juga ditandai dengan sikap hormat dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh peserta upacara.

Bambang DH Pembina YPTA Surabaya bertindak sebagai inspektur pada upacara virtual tersebut. Bambang mengajak peserta upacara untuk bersyukur masih dapat berjumpa meskipun secara virtual. “Kita bisa merasakan mereka yang kehilangan keluarga terdekat, mari kita doakan agar arwah keluarga kolega mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah, ” ujar Bambang DH, Selasa (17/8/2021).

Senada dengan tema tema peringatan Kemerdekaan RI, Mantan Wali Kota Surabaya ini berharap, semoga dengan ketangguhan melewati tantangan, hambatan dan rintangan pandemi bisa dilewati, sehingga ekonomi bisa tumbuh. Bambang juga mengapresiasi seluruh satuan pendidikan di lingkungan YPTA Surabaya: SMP, SMA dan Untag Surabaya karena dapat bertahan di masa pandemi Covid-19 dan terus melayani masyarakat.

Bambang mengaku bangga atas capaian YPTA Surabaya. “Ini capaian yang menggembirakan karena menggambarkan kepercayaan masyarakat meski (melalui pelayanan) secara daring, ” kata Bambang. Dia pun mengajak seluruh peserta untuk mengasah simpati dan empati.

“Itu kita bangun di kampus merah putih di bawah YPTA Surabaya. Dan pelaksanaan yang sederhana singkat ini jadi momentum kita merenungkan kembali perjuangan para pahlawan dan bergegas maju mencapai cita-cita tujuan bersama,” pungkas Anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan tersebut.

Dalam upacara HUT ke 76 Kemerdekaan Indonesia kali ini, Eddy Wahyudi, S.H., M.Si. Direktur Organisasi dan Hukum YPTA Surabaya membacakan Surat Keputusan bernomor 175/Y-A/kt/VIII/2021. Melalui SK tersebut, YPTA Surabaya memberikan penghargaan kepada 11 dosen maupun tenaga kependidikan atas 25 tahun pengabdian. Dalam video yang diputarkan, penghargaan yang digelar secara luring terbatas tersebut diberikan langsung oleh Drs. Mangapul Silalahi, MM Ketua YPTA Surabaya.(tok/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Jumat, 28 Januari 2022
25o
Kurs