Kamis, 25 April 2024

BNPB: Banjir Bandang Kota Batu Akibat Bendung Alam yang Jadi Kebun

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Tim gabungan mengevakuasi korban banjir bandang di Kota Batu, Jawa Timur, Jumat (5/11). Foto: BPBD Kota Batu

Abdul Muhari Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjelaskan salah satu penyebab terjadinya banjir bandang di Kota Batu.

Terutama karena hancurnya bendung alam akibat tingginya debit air dari hulu.

“Intensitas hujan tinggi, debit air di hulu menjadi lebih besar. Ini kemudian airnya tertahan, dan ketika dia overtop melimpah, bendung alam ini hancur. Ketika bendung alam ini hancur, ini yang membawa kemudian ke bawah tidak hanya masalah pasir, tapi juga volume air yang sangat besar beserta pohon-pohon,” katanya, Sabtu (6/11/2021).

Bendung alam ini terbentuk oleh longsor-longsor kecil dari sisi tebing yang tidak dilindungi oleh vegetasi yang berakar kuat.

Masalah lain yang memperparah dampak banjir bandang adalah banyaknya kebun-kebun semusim di lereng tebing sungai yang berpotensi longsor jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

“Di sepanjang bantaran sungai itu cukup banyak kebun-kebun semusim yang dibuat di lereng tebing sungainya, yang ketika hujan dengan intensitas tinggi, ini seperti meleleh karena akar dari sayuran, akar dari tanaman-tanaman semusim itu tidak mengikat tanah sehingga begitu hujan dengan intensitas tinggi ini akan membawa saturasi sehingga tanah ini bisa turun ke bawah,” ujar Abdul Hamid seperti dilaporkan Antara.

Dampak dari longsoran di lokasi tengah dan hilir ini akan menambah kontribusi sedimen sehingga begitu sampai ke permukiman, volume lumpur menjadi sangat besar.

Karena itu, BNPB merekomendasikan penguatan lereng dan kawasan-kawasan yang sudah telanjur menjadi kebun semusim dengan melakukan penanaman pohon keras berakar kuat di lokasi-lokasi pinggir atas lereng tebing, terutama di pinggir kawasan kebun semusim.

BNPB juga meminta pihak berwenang menegakkan aturan sempadan sungai agar tidak ditanami dengan kebun-kebun semusim.

“Penegakan aturan sempadan sungai harus kita perkuat, terutama untuk penggunaan kebun semusim tadi,” katanya.

Upaya lain yang bisa dilakukan adalah dengan menanam tanaman vetiver di lereng terjal dengan kemiringan lebih dari 30 derajat.(ant/dfn/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs