Jumat, 10 Mei 2024

Cegah Kepunahan, Jokowi Lepas 1.500 Tukik di Cilacap

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden mengakhiri rangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Cilacap, dengan melakukan kegiatan pelepasliaran tukik di Pantai Kemiren, Kecamatan Cilacap Selatan, Kamis (23/9/2021) sore. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden mengakhiri rangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Cilacap dengan melakukan kegiatan pelepasliaran tukik di Pantai Kemiren, Kecamatan Cilacap Selatan, Kamis (23/9/2021) sore.

Melalui kegiatan itu Presiden berharap kelestarian satwa penyu di Tanah Air bisa terjaga.

“Hari ini saya berada di Pantai Kemiren di Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, dalam rangka melepas 1.500 tukik penyu untuk melestarikan satwa penyu yang semakin menurun populasinya dan kita harapkan agar tidak punah,” ujar Presiden.

Selain untuk menjaga kelestarian penyu, kegiatan pelepasan tukik juga untuk menciptakan ekosistem laut yang lebih sehat, serta membantu menjaga keseimbangan lingkungan di pesisir pantai mau pun laut Indonesia.

Presiden juga berharap kegiatan pelepasan tukik dapat meningkatan kesadaran, kepedulian, dan partisipasi dari masyarakat untuk menjaga kelestarian penyu.

Ke depan, pemerintah juga akan melakukan kegiatan pelepasan tukik dalam jumlah banyak di seluruh wilayah Indonesia.

“Program pelepasan tukik penyu ini tidak hanya akan dilakukan di Cilacap, tetapi akan kita lakukan secara masif di seluruh pantai-pantai, di seluruh wilayah Tanah Air yang kita miliki,” ucap Presiden.

Ikut mendampingi Presiden dalam kegiatan itu antara lain Siti Nurbaya Bakar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah, dan Tatto Suwarto Pamuji Bupati Cilacap.(rid/tin/den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
29o
Kurs