Sabtu, 10 Desember 2022

Civitas Akademika Kampus di Surabaya Mulai Kirim Bantuan Bagi Warga Terdampak APG Semeru

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Tim civitas akademika Undika Surabaya sebelum memberangkatkan donasi bantuan bagi warga terdampak APG Semeru. Foto: Humas Undika

Universitas Dinamika bersama civitas akademika di antaranya Jalapati Putra Putri Angkatan Laut, Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Jawa Timur dan Komunitas Honda Brio Club Indonesia (HBCI) salurkan donasi untuk masyarakat terdampak APG Semeru.

Bantuan dan donasi itu berupa uang tunai, sembako, obat-obatan, mainan anak-anak dan pakaian yang disalurkan secara langsung kepada masyarakat terdampak awan panas guguran (APG) Semeru.

Ryan Adi Djauhari Kepala Bagian Public Relations Undika menyampaikan pihaknya melakukan penggalangan dana dalam beberapa hari.

“Alhamdulillah banyak masyarakat, karyawan dan juga mahasiswa dari UKM Gerakan Peduli (Gerdu) Sosial Undika banyak yang peduli dengan memberikan sumbangan, baik berupa uang maupun barang,” terang Ryan, Kamis (9/12/2021).

Dalam mengumpulkan donasi, lanjut Ryan pihaknya memberikan kriteria khusus sesuai dengan kebutuhan masyarakat terdampak APG Semeru. Informasi tersebut diperoleh dari satu diantara civitas akademika warga asli Lumajang.

Ditambahkan Ryan melakukan sortir pengumpulan donasi sangat penting, agar barang yang disalurkan nantunya bermanfaat dan justru tidak menimbulkan sampah.
“Misalnya pakaian kami pilih yang benar-benar bagus dan layak pakai. Sehingga tidak menjadi masalah baru timbunan sampah baju,1w” tambah Ryan.

Amirul Ulum Ketua FPPTI Jawa Timur menambahkan bahws program penyaluran donasi ini merupakan bentuk kepedulian forum pada sesama manusia. Pihaknya berterima kasih pada donatur dari berbagai kalangan yang memberikan bantuan. “Ini adalah keprihatinan kami pada masyarakat terdampak. Semoga bisa benar-benar bermanfaat untuk masyarakat Lumajang yang terdampak,” ujar Amirul.

Sementara itu, STTAL Surabaya, juga mengirimkan bantuan bagi warga masyarakat terdampak awan panas guguran Semeru, dengan membawa kepedulian dan empati seluruh Civitas Akademika STTAL seperti disampaikan Sekretaris Lembaga Pendidikan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (Seklem) Kolonel Laut (KH) Dr. Adi Bandono, M.Pd., mewakili Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M. Phil., M.Tr.Opsla, saat pengarahan pada Apel pagi di Kampus STTAL Bumimoro Surabaya.

Kepedulian dan empati yang tinggi diapresiasi Prajurit Teknokrat STTAL mendukung TNI Angkatan Laut membantu sesama dimawasan Gunung Semeru dititik wlayah Kabupaten Lumajang Jawa Timur, dengan memberikan bantuan yang diserahkan Ka.LPPM STTAL Letkol Laut (KH) Edy Suhartono, S.E., M.M., mewakili seluruh Civitas Akademika STTAL, ke Posko Kemanusiaan TNI AL Lantamal V Jl. Laksda Moh. Nazir No.56, Perak Utara Surabaya, yang diterima langsung oleh Letkol Laut (P) Mahpudin Arsyadi Sacha, Kepala Dinas Potensi Maritim Lantamal V di Posko Bantuan Kemanusiaan.(tok/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Sabtu, 10 Desember 2022
31o
Kurs