Kamis, 28 Maret 2024

Sidoarjo Kirim Bantuan untuk Korban APG Gunung Semeru

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Gus Muhdlor Bupati Sidoarjo saat memberangkatkan bantuan untuk korban APG Gunung Semeru, Senin (6/12/2021). Foto: Istimewa

Pemkab Sidoarjo mengirim bantuan tenaga medis, obat-obatan, bahan makanan, dan kebutuhan dasar bagi warga terdampak APG Gunung Semeru, Senin (6/12/2021).

Bantuan ini, menurutnya, merupakan tahap pertama dari rangkaian bantuan yang akan dikirimkan Pemkab Sidoarjo untuk membantu meringankan beban warga.

“Hari ini kami berangkatkan bantuan dari Pemkab Sidoarjo untuk saudara-saudara terdampak” kata Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo di Pendapa Delta Wibawa.

Ada tujuh tenaga medis terdiri dari dokter, perawat, juga penata anestesi, yang membawa serta obat-obatan dan vitamin, diberangkatkan ke Lumajang.

Selain itu, sejumlah kebutuhan warga terdampak seperti makanan, air minum, pakaian dalam, perlengkapan perempuan, juga kebutuhan bayi turut dikirimkan.

Ada pembalut, pampers, baju, minyak telon, hingga bubur dan susu bayi. Termasuk sejumlah uang tunai untuk membantu warga terdampak.

Gus Muhdlor menambahkan, selain membantu korban, para tenaga medis di lapangan sekaligus akan memetakan kebutuhan lanjutan di lokasi bencana.

“Kiriman pertama ini untuk memetakan kebutuhan di lapangan. Kami akan siapkan bantuan-bantuan terkait pengobatan termasuk tenaga medis,” ujarnya.

Soal lama penempatan bantuan tenaga medis, Gus Muhdlor mengatakan, sifatnya masih tentatif sesuai kondisi di lapangan.

Dalam waktu dekat, Sidoarjo juga akan mengirim relawan-relawan dari berbagai ormas yang akan merencanakan pendirian dapur umum di lokasi terdampak.

“Intinya, kami tidak bicara kewilayahan administrasi, ini bicara soal sosial dan kemanusiaan. Pemkab Sidoarjo ingin membantu saudara kita di Lumajang dan sekitarnya,” ujarnya.(den/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs