Jumat, 29 Maret 2024

Daftar di Lokasi Vaksinasi Massal GOR Dianggap Hoaks, Dinkes Sidoarjo: Harus Online

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan

M Athoillah Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo mengklarifikasi misinformasi pendaftaran vaksinasi massal di Sidoarjo yang beredar di masyarakat.

Tersebar foto di media sosial yang menunjukkan surat resmi peminjaman GOR Delta Sidoarjo ditandatangani oleh Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo untuk pelaksanaan vaksinasi massal pada 30 Agustus-3 September 2021.

Masalahnya, surat resmi itu telah dibubuhi keterangan “Daftar Langsung ke Lokasi” oleh pihak yang tidak bertanggungjawab lalu menyebarkannya ke grup-grup WhatsApp dan media sosial.

 

“Untuk pendaftaran yang tanggal 30 Agustus 2021 sebelumnya sudah kami sampaikan, pendaftarannya harus secara online. Untuk vaksinasi 1-3 September yang diadakan Pemprov Jatim dan Pemkab Sidoarjo juga online,” kata Athoillah kepada Radio Suara Surabaya, Selasa (31/8/2021).

Dengan demikian, orang yang datang ke GOR Delta Sidoarjo adalah yang sudah mendaftar secara online. Sudah mendapatkan balasan Google Form yang diisi ke e-mail, yang harus di-print dan di bawa ke lokasi dengan fotokopi KTP dan formulir screening.

“Kami memprioritaskan yang sudah mendaftar secara online. Kami tidak bisa menjanjikan warga yang langsung datang bisa dilayani tidak. Tergantung apakah yang mendaftar online lolos screening atau tidak,” kata Athoillah.

Dia lantas merinci kuota vaksin untuk pelaksanaan vaksinasi yang akan datang yaitu tanggal 1 September adalah 4.000 dosis, 2 September sebanyak 3.000 dosis, dan 3 September sebanyak 3.000 dosis.

Athoillah menyarankan calon penerima vaksin yang sudah mendaftar secara online agar datang ke lokasi tidak terlalu pagi. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerumunan. Acara vaksinasi di GOR Delta Sidoarjo tanggal 1-3 September 2021 digelar mulai pukul 08.00 WIB.(iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs