Kamis, 4 Maret 2021

Dibutuhkan Waktu 2-5 Hari Mengunduh Black Box FDR Sriwijaya Air SJ182

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Penemuan black box SJ-182. Foto: Antara

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) membutuhkan waktu pengunduhan kotak hitam atau black box jenis rekaman data penerbangan atau Flight Data Recorder (FDR) Sriwijaya Air SJ 182 sekitar 2-5 hari.

“Sekali lagi kami mohon doanya terkait pengunduhan data dapat dijalankan dengan lancar. Sekali lagi kami membutuhkan waktu kira-kira 2-5 hari baru bisa mengunduh data,” ujar Soerjanto Tjahjono Ketua KNKT, Selasa (12/1/2021) yang dilansir Antara.

Dia menyampaikan rasa syukur kotak hitam ini salah satunya rekaman data penerbangan.

“Apakah data ini bisa terbaca atau tidak, KNKT akan menyampaikan kepada teman-teman media bahwa kalau datanya bisa terbuka dan isinya seperti apa nanti juga kami akan sampaikan secara garis besarnya,” imbuhnya.

KNKT mengucapkan terima kasih kepada TNI, Basarnas, serta semua pemangku kepentingan yang terlibat operasi pencarian.

Sebelumnya, usai melakukan pencarian selama empat hari, Tim Penyelam TNI AL pada Selasa (12/1/2021) sore berhasil menemukan kotak hitam (black box) Pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

Black box yang ditemukan di dalam laut itu lalu dibawa ke KRI Rigel, untuk disimpan di tempat yang aman, kemudian langsung dibawa ke Posko Darurat Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Sejauh ini, belum ada informasi detail terkait lokasi penemuan, dan lengkap tidaknya black box pesawat nahas tersebut.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Dua Pelanggaran dalam Satu Foto

Atap Ambruk di Rangkah

Berlubang dan Berkubang

Kebakaran Rumah di Wonosari Surabaya

Surabaya
Kamis, 4 Maret 2021
30o
Kurs