Sabtu, 20 April 2024

Dilarikan Sopir, Truk Tangki PT Pusaka Ditemukan Pendengar SS di Bypass Mojokerto

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Truk bernopol W 9782 U milik PT Pusaka Putra Perkasa yang dilaporkan hilang di Radio Suara Surabaya berhasil ditemukan di Bypass Mojokerto pada Kamis (4/2/2021). Foto: Istimewa

Berkat kepedulian pendengar Radio Suara Surabaya bersama pihak kepolisian, pada Kamis (4/2/2021) sore kendaraan truk yang dilaporkan hilang dibawa kabur sopir dari kawasan Sidoarjo, berhasil ditemukan di Bypass Mojokerto dalam waktu kurang dari satu jam.

Saat ini, kendaraan truk bernopol W 8652 US milik PT Pusaka Putra Perkasa tersebut telah diamankan di Polsek Magersari, Kota Mojokerto. Sang sopir berinisial SY, yang melarikan kendaraan, meninggalkan truk begitu saja di parkiran Bypass Mojokerto, tepatnya setelah perempatan Jalan Mojopahit.

Kronologi berawal saat Samiani (53) pemilik perusahaan melaporkan kehilangan truk tersebut ke Radio Suara Surabaya pada Kamis (4/2/2021), pukul 16.21 WIB. Ia bercerita, SY sempat bermasalah dengan perusahaan. Sehingga, ia diminta untuk kembali ke kantor untuk mengembalikan kendaraan truk ke garasi.

“Biasanya muatan pupuk, tapi sekarang kosong tanpa muatan. Sopir ada masalah dengan muatannya, pupuknya dijual. Makanya mobilnya suruh balikin ke garasi,” cerita Samiani.

Setelah itu, berdasarkan pantauan GPS, truk dengan tulisan PT Pusaka ini terlihat sempat kembali ke garasi di Raya Gedangan, Sidoarjo. Sayangnya bukannya masuk garasi, tapi truk Isuzu Giga warna putih tersebut malah putar balik saja.

“GPS sudah di garasi, dia pamit ke Satpam mau putar balik tapi tidak putar balik sampai sekarang. HP, GPS, semua dimatikan,” ujar SY.

Setelah Samiani mengudara, informasi kehilangan truk terus menerus disampaikan di radio, dengan harapan ada pendengar Suara Surabaya (SS) yang kebetulan melihat truk tersebut. Foto truk juga sudah diunggah di facebook e100.

Beberapa pendengar SS ikut melaporkan truk dengan ciri-ciri serupa. Sayangnya, truk yang dilaporkan bukanlah truk yang dicari. Banyaknya truk dengan model serupa menjadi tantangan dalam pencarian ini.

“Ini truknya ada 50 dengan berbagai model,” kata Samiani saat dihubungi kembali tim gatekeeper SS untuk memastikan ciri-ciri persisnya truk.

Meski begitu, tantangan-tantangan tersebut tidak menghalangi tim Suara Surabaya untuk terus menyiarkan kehilangan truk tersebut. Tim Gatekeeper juga terus berkoordinasi dengan kepolisian berdasarkan laporan-laporan pendengar yang masuk ke radio.

Hingga akhirnya pada pukul 17.19 WIB, Tomi Kristanto pendengar SS melaporkan bahwa ia melihat truk tersebut di Bypass Mojokerto dalam keadaan terparkir. Ia kemudian memfoto truk itu lalu mengirimkannya ke Whatsapp Suara Surabaya untuk memastikan apakah benar itu adalah truk yang dicari.

Ia bercerita, ia menemukan truk saat dirinya memompa ban di sekitar Bypass Mojokerto. Lalu ia melihat ada truk yang ciri-cirinya seperti yang disiarkan di Radio SS.

Setelah tim gatekeeper memeriksa foto dari Tomi, berdasarkan nopol yang tertera W 8652 US, bisa dipastikan itu adalah truk yang dilaporkan hilang.

“Itu truknya ada di Bypass Mojokerto. Di situ ada perlintasan kereta api, truknya berhenti di situ. Kalau dari Surabaya-Mojokerto tidak terlalu terlihat karena tertutup truk merah tapi kalau dari Mojokerto-Surabaya truknya ada di sebelah kanan,” kata Tomi.

Tim Gatekeeper SS langsung berkoordinasi dengan Polsek Magersari untuk bisa mengamankan truk tersebut. Hingga pukul 18.05 WIB, truk sudah berhasil diamankan kepolisian.

“Untuk sementara kendaraan saya bawa ke Polsek Magersari untuk menunggu pemiliknya untuk klarifikasi kronologi sebenarnya bagaimana,” ujarnya.

Samiani, sang pelapor truk hilang kepada Radio Suara Surabaya menyampaikan terima kasih kepada para pendengar dan pihak kepolisian yang sudah berusaha menemukan kendaraan tersebut.

“Saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada SS yang sudah membantu kami dan jajaran kepolisian yang sudah berupaya membantu kami,” ujarnya.(tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs