Kamis, 25 April 2024

Dual Sonic Pestrepeller, Alat Pengusir Tikus Berbasis Internet untuk Bantu Petani

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Tim KKN Fakultas Ilmu Komputer Universitas Narotama Surabaya. Foto: humas Universitas Narotama

Berawal dari keluhan petani Desa Munggugebang, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik terkait hama tikus yang menyerang padi di sawah mereka, para mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Narotama Surabaya yang sedang melakukan KKN, tergerak memberikan solusi.

“Berdasarkan permasalahan tersebut, kelompok KKN kami membuat alat pengusir hama tikus sederhana berbasis Internet of Things bernama Dual Sonic Pestrepeller. Alat tersebut kami bangun dengan komponen yang mudah dicari dan harga yang murah di kantong mahasiswa dengan kualitas yang standar, ” terang Arrahman Kaffi Ketua Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN), Jumat (4/6/2021).

Alat tersebut, lanjut Arrahman Kaffi bekerja dengan mendeteksi adanya pancaran sinar infra merah dari suatu obyek. “Jadi, alat ini dapat mendeteksi radiasi dari berbagai obyek karena semua obyek memancarkan energi radiasi. Sebagai contoh, ketika terdeteksi sebuah gerakan dari sumber infra merah dengan suhu tertentu, yakni makhluk hidup baik manusia maupun hewan dengan radius 5 meter. Kemudian, setelah sensor mendeteksi obyek, secara otomatis speaker piezo akan berbunyi selama 1 menit dan mengirimkan notifikasi ke smartphone,” papar Arrahman Kaffi mahasiswa Program Studi Sistem Informasi tersebut.

Meskipun dibuat dengan komponen yang sederhana, alat tersebut mampu menanggulangi hama di sawah petani Desa Munggugebang terutama hama tikus dan burung yang sering mengganggu dan merusak area persawahan pada mitra kelompok KKN mereka. “Respon mitra KKN dan Kepala Dusun desa setempat sangat senang dengan alat ini. Dikarenakan salah satu faktor masalah pada sawah di Desa Munggugebang memang adalah hama tikus dan hama burung,” kata Arrahman Kaffi.

Pembuatan alat tersebut memang sedikit terkendala karena mereka yang merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, kurang memahami tentang rangkaian elektronika. Tapi itu semua tidak menghalangi mereka untuk terus mencoba membuat alat tersebut sampai berhasil.

“Kurang lebih kami membutuhkan waktu 1 bulan. Mulai dari perencanaan, perancangan, hingga akhirnya terbuatlah alat Dual Sonic Pestrepeller ini. Memang agak lama, tapi kami tidak menyerah untuk membantu para petani,” papar Kaffi panggilan Arrahman Kaffi.

Mereka berharap dengan dibuatnya alat Dual Sonic Pestrepeller ini dapat membantu mitra petani kelompok KKN mereka dalam menanggulangi hama tikus maupun hama burung yang ada di sawah. “Karena alat ini berbasis Internet of Things, jadi petani bisa mengontrol alat tersebut melalui smartphone dengan mudah. Petani tidak perlu repot lagi dalam menanggulangi hama tikus di sawahnya,” pungkas Kaffi.(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs