Kamis, 25 April 2024

Universitas Narotama Buka Kesempatan Lulusan SMK Siap Hadapi Dunia Kerja

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Seremonial pembukaan Link and Match lulusan SMK dan dunia kerja. Foto: Humas Unnar

Membuka kesempatan lulusan sekolah kejuruan seperti SMK terserap dunia usaha maupun dunia kerja, Universitas Narotama Surabaya mendukung penuh acara yang melibatkan sekolah dan industri, dunia usaha dan dunia kerja.

Universitas Narotama Surabaya bersama SMKN 1 Surabaya telah menjalin relasi selama 3 tahun, dan kedekatan itu akhirnya menghasilkan sebuah acara yang dilaksanakan bersama antara kedua pihak dan bekerjasama dengan pihak-pihak lain. Menggelar Link and Match Perkawinan Massal 20 IDUKA (Industri, Dunia Usaha, dan Dunia Kerja) dan 100 Sekolah se Indonesia.

“Selama 3 tahun ini SMKN 1 Surabaya menjadi sekolah yang berkontribusi jumlah mahasiswa baru tertinggi di Universitas Narotama. Kami juga sudah menjalin kedekatan dengan SMKN 1 Surabaya dalam hal lain dan akhirnya setelah 3 tahun, kami bisa mengadakan acara besar ini bersama-sama,” ujar Qausya Faviandhani, Direktur Marketing Universitas Narotama Surabaya, Jumat (29/1/2021).

Output dari acara ini adalah MoU antara SMK dengan dunia industri. “MoU tersebut intinya adalah industri dan SMK bekerjasama untuk menjadi tempat magang dan tempat belajar bagi siswa-siswa SMK yang mengikuti acara tersebut. Industri-industri yang berpartisipasi juga skalanya nasional,” lanjut Qausya Faviandhani.

Tidak hanya itu, SMK dan industri juga menjalani MoU dengan Universitas Narotama Surabaya yang memiliki beberapa output. Antara lain adalah kesempatan siswa untuk magang di kampus Narotama, pelatihan untuk guru-guru SMK, dan pekerja industri bisa berkuliah di Universitas Narotama secara massal lewat pembukaan kelas corporate.

“Kami memfokuskan pada pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dan pelaksanaan Kampus Merdeka dalam MoU ini. Kami juga sudah dekat dengan dunia industri sejak lama, sehingga mahasiswa tidak mengalami kesulitan untuk mencari pekerjaan setelah lulus, bahkan sebelum mereka lulus. Dengan pelaksanaan Kampus Merdeka pula kami memastikan lulusan kami siap bekerja,” pungkas Qausya Faviandhani.

SMKN 1 Surabaya bersama SMKN 2 Probolinggo dan SMK A Yani Probolinggo sebagai inisiator dan penyelenggara Link and Match Perkawinan Massal 20 IDUKA (Industri, Dunia Usaha, dan Dunia Kerja) dan 100 Sekolah se Indonesia, menggelar seluruh kegiatan yang bertempat di kampus Universitas Narotama Surabaya.

Acara yang diadakan selama 3 hari, mulai Rabu (27/1/2021) sampai Jumat (29/1/2021) itu dihadiri dan dibuka Dr. Ir. H. Sri Wiwoho Mudjanarko, S.T, M.T, IPM., Rektor Universitas Narotama Surabaya, Tjiptoadi Nugroho, S.ST,M.T., Kepala SMKN 1 Surabaya, H. Warnoto, S.Pd,M.Pd., Kepala SMKN 2 Probolinggo, Rieky Afriyanto, S.Pd., Kepala SMK A Yani Probolinggo, dan Ir. Moh. Noor Al Azam, M.T., Ketua Komite SMKN 1 Surabaya, juga hadir CEO dan Manager HRD dari masing-masing industri yang ikut berpartisipasi.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs