Jumat, 29 Maret 2024

Dukung Semangat Belajar Mahasiswa di Pandemi Covid-19, UK Petra Berikan Beasiswa

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Rektor UK Petra menyerahkan beasiswa perwakilan I-Care kepada Agnes Clarabella. Foto: Istimewa

Mendukung dan mengapresiasi semangat belajar mahasiswa, Universitas Kristen Petra (UK Petra) memberikan beasiswa untuk semester genap di tahun ajaran 2020/2021 ini. Terdapat berbagai skema beasiswa yang diberikan pada semester ini, baik beasiswa yang berasal dari sumber internal maupun eksternal, di antaranya adalah Beasiswa Petra Peduli Covid-19, Beasiswa Petra Peduli, Beasiswa untuk Mahasiswa Berprestasi dan Beasiswa I-Care UKP.

Beasiswa semester ini diberikan kepada total 725 mahasiswa aktif UK Petra, sembilan orang di antaranya hadir sebagai perwakilan untuk menerima beasiswa secara simbolis. Pada semester ini, UK Petra menggelontorkan dana sebesar lebih dari 5,5 milyar rupiah.
Tidak hanya beasiswa dengan sumber dana internal, UK Petra juga menyalurkan Beasiswa I-Care UKP yang diperoleh dari para donatur, alumni, dan juga dari kalangan industri.

Tergolong dalam kelompok ini adalah dana-dana yang dihimpun dari upaya fundraising, misalnya oleh beberapa panitia seminar, yang hasilnya ditujukan bagi mahasiswa UK Petra yang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemic Covid-19. Total dana yang diperoleh dari para donatur dan disalurkan dalam bentuk beasiswa semester ini sebesar lebih dari 705 juta rupiah.

“Saya bersyukur karena pemeliharaan Tuhan bagi kita semua, sehingga UK Petra dapat menyisihkan anggaran untuk beasiswa, khususnya bagi para mahasiswa yang terancam kelanjutan studinya akibat dampak pandemi Covid-19. Yang sangat membanggakan adalah adanya donatur-donatur dari alumni, non alumni, maupun dari teman-teman mahasiswa yang mau menyisihkan sebagian berkat Tuhan untuk teman-teman yang saat ini lebih membutuhkan. Saya berharap, teman-teman yang menerima berkat Tuhan dalam bentuk beasiswa ini, suatu saat nanti juga mau menyediakan diri dipakai Tuhan untuk menjadi saluran berkat bagi orang lain, ” terang Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng., Rektor UK Petra Surabaya, Jumat (30/4/2021).

Dengan situasi dan kondisi saat ini, Yayasan Perguruan Tinggi Kristen (YPTK) Petra sebagai badan hukum yang menaungi UK Petra, berkomitmen untuk tetap memberikan bantuan kepada mahasiswa dan calon mahasiswanya. Salah satu wujudnya adalah Beasiswa Petra Peduli Covid-19 yang akan tetap diberikan pada dua semester mendatang di TA 2021/2022, sehingga dapat memastikan keberlanjutan pendidikan para mahasiswa dan mahasiswa baru UK Petra, selain tentunya skema-skema beasiswa lain, termasuk untuk mahasiswa yang berprestasi menonjol, baik di bidang akademik mapun olah raga dan seni.

“Terima kasih banyak kepada Tuhan dan UK Petra yang telah membantu saya secara finansial, sehingga saya tetap dapat melanjutkan kuliah saya. Pandemi ini mempengaruhi perekonomian hampir seluruh lapisan masyarakat, termasuk orang tua saya. Dengan adanya Beasiswa Petra Peduli Covid-19 ini, saya dapat meringankan beban orang tua saya, keberlanjutan studi saya terjaga, dan membuat saya semakin semangat untuk belajar dan memberikan yang terbaik bagi keluarga dan juga UK Petra,” ujar Angelina Melinda, mahasiswi Program Business Management UK Petra.(tok/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs