Jumat, 29 Maret 2024

Edukasi Tangguh Bencana, Mahasiswa Unitomo KKN Tematik di Sidoarjo

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Satu diantara kegiatan mahasiswa Unitomo saat melakukan KKN Tematik Bencana di Sidoarjo. Foto: Humas Unitomo

Mahasiswa Universitas dr Soetomo (Unitomo) Surabaya melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Banjar Panji, Tanggulangin Sidoarjo, Sabtu (19/6/2021), bagian dari KKN Tematik Bencana.

KKN Tematik Bencana bertujuan mengedukasi masyarakat memiliki pengetahuan baru untuk menjadi tangguh saat menghadapi bencana.

Fadjar Kurnia Hartati, Ketua Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Unitomo mengatakan bahwa kegiatan KKN saat ini dirancang secara door to door untuk asesmen kepada warga masyarakat dalam pendataan resiko bencana.

“Ini kita lakukan untuk menghindari kerumunan dan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sebagaimana KKN tematik kebencanaan yang kita usung, kita mengedukasikan seputar kebencanaan mulai dari tingkat terkecil yakni kelompok dasawisma di desa-desa,” kata Fadjar yang juga Doktor Ketahanan Pangan.

Amirul Mustofa Wakil Rektor I Bidang Akademik mengatakan, program tematik bencana yang bersinergi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo kali ini diharap mampu memberi manfaat positif kepada masyarakat desa.

“Ada beberapa desa yang sudah kami kunjungi, dan program KKN Tematik Bencana yang dilakukan para mahasiswa bisa diimplementasikan dengan baik ke masyarakat. Ini artinya, KKN kali ini memberikan kenang-kenangan ke masyarakat berupa edukasi kebencanaan, ini tentu akan membuat masyarakat memiliki pengetahuan baru untuk menjadi tangguh pada bencana,” kata Amirul Mustofa.

Sementara itu, ditemui di sela kegiatan kunjungan wakil rektor Unitomo, Mutma’inah Kepala Desa Banjar Panji, Tanggulangin Sidoarjo menyampaikan, kehadiran mahasiswa KKN memberi nuansa akademis bagi warga dalam memahami bencana, khususnya banjir yang sering terjadi di desa akibat luapan dari beberapa sungai di sekitar desa.

“Kami mengapresiasi mahasiswa KKN Unitomo, mereka begitu kompak dan tepat waktu dalam berkoordinasi dengan kami. Kami mengharapkan, papan informasi kelompok rentan sebagai satu diantara program kerja mahasiswa KKN Unitomo bisa menjadi acuan bagi warga sekitar agar bergotong royong dan nantinya tangguh jika terjadi bencana,” kata Mutma’inah.

Mahasiswa KKN Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Tematik Bencana Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 mendapat kunjungan sejumlah pejabat kampus Unitomo. Sekaligus meninjau desa-desa di Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo yang menjadi sasaran penerapan program kerja KKN.(tok)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs