Kamis, 21 Oktober 2021

Empat Ribu Lebih Nakes di Surabaya Jalani Vaksinasi Massal di Graha YKP

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Vaksinasi tenaga kesehatan di Graha YKP Surabaya, Minggu (31/1/2021). Foto: Anton suarasurabaya.net

Sebanyak 4 ribu lebih tenaga kesehatan (nakes) di Kota Surabaya yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19, hari ini Minggu (31/1/3021) mendapat vaksinasi secara massal di Graha YKP Rungkut.

Febria Rachmanita Kepala Dinkes Surabaya mengatakan, kepesertaan ini jumlahnya 4.257 tenaga kesehatan. Mereka adalah nakes yang bekerja di Surabaya dan diusulkan oleh institusi tempat mereka bekerja atau organisasi profesi.

“Vaksinasi serentak tidak hanya dilakukan di Graha YKP. Melainkan bisa di 63 Puskesmas dan RSUD dr Soetomo. Masing-masing puskesmas ada 3.150. Kemudian di RSUD dr Soetomo ada 80 orang,” ujar Febria, Minggu (31/1/2021).

Teknis vaksinasi ribuan peserta ini dawali dengan verifikasi data nakes berdasarkan NIK KTP. Kemudian nakes membawa surat tugas dari institusi atau tempat nakes bekerja.

“Mereka harus verifikasi berkas, lalu masuk ke meja 1 mereka registrasi, masuk ke meja 2 screening, dilanjutkan masuk ke meja untuk vaksinasi, dan meja 4 untuk laporan dan observasi,” katanya.

Dalam proses vaksinasi massal ini, ada dua nakes yang harus disarankan istrirahat dulu untuk menurunkan tensi, karena takut jarum suntik sehingga tensinya naik di angka 160.

Feny memastikan vaksinasi nakes yang dimulai pukul 08.00 WIB itu bisa selesai semua sampai pukul 17.00 WIB. Untuk yang terdaftar di Si-SDMK ada 41.840. “Baik penyuntikan pertama maupun kedua berjalan pararel,” katanya. (bid/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Kamis, 21 Oktober 2021
30o
Kurs