Sabtu, 25 Juni 2022

Erupsi Susulan, 80 Orang di Sumberwuluh Dievakuasi

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Para pengungsi di Desa Sumberwuluh, Kecamanatan Candirejo, Kabupaten Lumajang pada Senin (6/12/2021). Foto: Manda suarasurabaya.net

Gunung Semeru kembali mengalami erupsi susulan pada Senin (6/12/2021) sekitar pukul 08.45 WIB. Sebanyak 80 warga di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Warga dievakuasi ke lapangan desa Sumberwuluh, oleh petugas dilarang untuk kembali ke atas karena kondisi yang belum aman. Apalagi sebelumnya, beberapa warga ada yang kembali ke rumah mereka dengan berbagai alasan.

Baca juga: Warga: Semeru Adalah Sumber Kehidupan

Ada yang untuk mengunci rumah karena saat kejadian ia langsung berlari tanpa menutup rumah. Ada juga yang mengamankan surat-surat penting hingga hewan peliharaan.

Berdasarkan pantauan suarasurabaya.net di lokasi, Jalan menuju ke lereng gunung juga ditutup dan dijaga ketat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Lumajang saat ini menyiapkan sembako kepada warga yang mengungsi, serta mengerahkan alat berat untuk proses evakuasi.

Lapangan Sumberwuluh sendiri juga disediakan berbagai kebutuhan seperti makanan hingga bantuan pertolongan pertama.

Baca juga: Data Sementara Korban Luka Bakar Akibat Erupsi Gunung Semeru

Dapur umum yang didirikan juga memasak 1500 nasi bungkus setiap harinya dan akan terus berlanjut hingga beberapa hari ke depan.

Tim dokter dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya juga berjaga untuk mengobati warga yang mengalami luka bakar akibat abu vulkanik.

Baca juga: 10 Orang Masih Terjebak di Dusun Curah Kobokan

BNPB Lumajang saat ini menambah 11 unit Genset, menambah kapasitas di 11 site LTE serta melakukan rerouting transmisi dari Pronojiwo – Lumajang ke arah Pronojiwo – Malang akibat putusnya Jembatan Gladak Perak.

Selain itu, pihaknya juga mendirikan Posko Online network recovery yang beroperasi pukul 07:00-21:00, memperkuat coverage sinyal di daerah terdampak di Pronojiwo, Tempusari dan Candipuro dengan melakukan instalasi repeater dan optimasi network, serta melakukan pemasangan orbit di Balai Desa Sumberwuluh sebagai wifi gratis kepada para pengungsi.(tin/rst)

Berita Terkait

Surabaya
Sabtu, 25 Juni 2022
24o
Kurs