Jumat, 19 April 2024

Flores Timur Banjir dan Longsor, Ratusan Warga Belum Ditemukan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
BPBD Kabupaten Flores Timur melaporkan banjir bandang terjadi di wilayahnya pada Minggu (4/4), pukul 01.00 waktu setempat. BPBD melaporkan lima warga dari Desa Lamanele meninggal akibat kejadian ini. Foto: BPBD Kabupaten Flores Timur

Agustinus Payong Boli Wakil Bupati Flores Timur mengemukakan bahwa sebanyak ratusan orang belum ditemukan dalam bencana banjir tanah longsor yang melanda wilayah Desa Nele Lamadike, Kecamatan Ile Boleng, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur pada Minggu (4/4/2021) dini hari.

“Pius Pedang Kepala Desa Nelelamadike menyampaikan kepada saya bahwa ratusan orang belum ditemukan dalam bencana tanah longsor,” katanya seperti dilaporkan Antara, Minggu.

Peristiwa longsor tersebut terjadi pada Minggu dini hari setelah cuaca ekstrem berupa hujan lebat dan angin kencang melanda wilayah setempat dalam waktu cukup lama.

Agustinus mengatakan informasi terkait ratusan orang yang menjadi korban longsor ini diperoleh dari hasil komunikasi via telepon secara langsung dengan kepala Desa Nele Lamadike.

“Ratusan orang disebut tertimbun longsor dan sampai sekarang belum ditemukan,” katanya menegaskan.

Ia mengatakan saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan instansi terkait untuk turun ke lapangan melakukan penanganan termasuk pengerahan alat berat.

“Kita segera kerahkan alat berat ke lapangan untuk mencari para korban,” demikian Agustinus Payong Boli.

Sementara BPBD Kabupaten Flores Timur melaporkan lima warga dari Desa Nelelamadike meninggal akibat kejadian ini.

Data sementara di Desa Nelelamadike disebutkan oleh BPBD, sebanyak 5 orang meninggal, 5 lainnya menderita luka-luka dan 9 KK atau 20 jiwa terdampak. Sedangkan di Desa Waiburak, sebanyak 4 orang mengalami luka-luka. Mereka sudah dirawat di puskesmas setempat.

Pantauan BPBD Kabupaten Flores Timur, puluhan rumah warga tertimbun lumpur di Desa Nelelamadike. Ada juga rumah warga yang hanyut terbawa banjir.

Di samping itu, jembatan putus di  Desa Waiburak Kec. Adonara Timur.(iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs