Sabtu, 23 Januari 2021

Ganjar: Vaksinasi di Jateng Dilakukan Serentak Hari Ini

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah saat divaksinasi Covid-19 di RSUD Tugurejo, Jateng pada Kamis (14/1/2021) pagi. Foto: Instagram/ganjar_pranowo

Berbeda dengan Jawa Timur, vaksinasi perdana di Jawa Tengah dilakukan serentak pada hari ini, Kamis (13/1/2021), meliputi kepala daerah, forkopimda hingga tenaga kesehatan.

“Kita langsung serentak. Dipantau langsung, diikuti para tenaga kesehatan begitu juga di tingkat puskesmas. Kita langsung dorong semua punya jadwal hari ini,” kata Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Kamis malam.

Ganjar Gubernur menambahkan, vaksinasi perdana di Jawa Tengah pagi tadi disiarkan langsung di berbagai kanal sosial media seperti Youtube (Ganjar Pranowo/Pemerintah Provinsi Jawa Tengah), Facebook (Ganjar Pranowo/Pemerintah Provinsi Jawa Tengah) dan Twitter (@provjateng).

Pemprov Jateng juga menyatakan, pihaknya sengaja untuk tidak melibatkan influencer dalam vaksinasi perdana ini. Mereka mengaku hanya memaksimalkan sosial media agar masyarakat dapat memantau langsung jalannya vaksinasi Covid-19.

Enggak ada (influencer) e, mas. Kita sendiri di live streaming. Ya sudah, kita mainkan sendiri saja,” tambahnya.

Pascavaksinasi, Ganjar Gubernur mengaku tidak merasakan efek apapun. Baik efek lokal seperti radang, gatal, muncul bercak merah hingga kaku, maupun efek sistemik juga tidak ia rasakan.

“Kata dokter kan bisa efek lokal dan sistemik. Lokal itu nggak ada, sistemik juga nggak ada,” imbuhnya.

Ia menginbau, kepada masyarakat yang telah divaksin untuk tetap disiplin menjaga protokol kesehatan. Ini dikarenakan vaksin tidak serta merta dapat menangkal virus corona 100 persen. Apalagi, pertumbuhan kasus Covid-19 di Indonesia masih tinggi dan penularan virus bekerja dengan cepat.

Ganjar juga meminta masyarakat untuk tidak takut dengan proses vaksinasi Covid-19.

“Sama vaksin nggak usah takut. MUI sudah bilang kalau vaksin ini halal dan BPOM sudah mengeluarkan izinnya. Jadi tidak usah takut,” ujarnya.

Seperti yang diketahui, Jawa Timur memulai vaksinasi perdana Covid-19 pada Kamis (14/1/21) di Gedung Negara Grahadi. Vaksinasi perdana tersebut diikuti oleh Emil Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur dan beberapa pejabat seperti Sekdaprov Jatim, Pangdam V Brawijaya, Satgas Covid-19 Jatim dan influencer.

Sedangkan untuk Jumat (15/1/2020) besok, vaksinasi dilakukan kepada petugas puskesmas dan tenaga kesehatan di Kota Surabaya. (tin/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pak Nunut Pak …

Jelang Tol Manyar Banjir

‘Ranjau’ di Bawah Layang Trosobo

Empat Stand Pasar Ikan Hias Gunung Sari Terbakar

Surabaya
Sabtu, 23 Januari 2021
31o
Kurs