Sabtu, 2 Juli 2022

Gelar Seni, Anak-anak Ekspresikan Hari Lahir Pancasila di Samin

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kunjungan anak-anak dari Sekolah Bung Karno ke Samin dalam rangka Hari Lahir Pancasila. Foto: Samin for suarasurabaya.net

Puluhan anak-anak dari berbagai komunitas ekspresikan peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, Selasa (1/6/2021) di Samin dan menggelar aneka kegiatan Seni.

Mulai dari mewarnai bersama, baca puisi, hingga pentas teater dimainkan sendiri oleh anak-anak sebagai bentuk ekspresi diri. Kegiatan Seni dengan bernuansakan persatuan, kebersamaan tersebut adalah bagian dari pengenalan dan pemahaman tentang nilai-nilai luhur Pancasila.

Meimura pendiri Sanggar Anak Merdeka Indonesia (Samin) menyampaikan bahwa sejak pagi pentas digelar di sanggar dengan keleluasaan anak-anak memilih sendiri apa yang ingin dimainkan atau dinikmati sebagai bagian dari ekspresi.

“Mereka yang ingin baca puisi silahkan. Menggambar silahkan. Atau main sandiwara, silahkan. Anak-anak kami berikan kebebasan, keleluasaan untuk berekspresi. Dan seluruh rangkaian kegiatan ini merupakan bagian pengenalan pada nilai-nilai luhur Pancasila,” terang Meimura, Selasa (1/6/2021).

Jika sejak dini anak-anak diperkenalkan nilai-nilai luhur Pancasila, seperti persatuan, toleransi, kebersamaan, saling mendukung, menghargai satu sama lain, kata Meimura ke depan bekal itu sangat penting bagi anak-anak ketika berada di tengah masyarakat.

“Kalau sejak awal anak-anak telah mengenali nilai-nilai luhur Pancasila seperti menghargai orang lain, toleransi dan pentingnya menjaga persatuan, di masa depan hal itu sangat berguna bagi mereka saat hidup di tengah masyarakat. Ini penting,” tegas Meimura.

Dan oleh karena itu, bersama Samin, dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila kali ini, anak-anak diajak bermain sekaligus belajar lewat berbagai kegiatan yang mereka sukai, namun di dalamnya disertai dengan pesan-pesan terkait nilai-nilai luhur Pancasila.

Sebelumnya, masih di pentas Sanggar Anak Merdeka Indonesia, juga digelar kegiatan Seni yang diikuti anak-anak dari berbagai sudut kota dalam rangka peringatan HUT ke 728 tahun Kota Surabaya. (tok/frh/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Sabtu, 2 Juli 2022
27o
Kurs