Jumat, 26 April 2024

Gelar Vaksinasi Gratis, Projo Minta Vaksin Kedaluarsa Diusut

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan

Projo, Ormas Pendukung Joko Widodo Presiden menggelar vaksinasi Covid-19 gratis di Jawa Timur untuk mempercepat penanganan pandemi Covid-19.

Organisasi masyarakat ini menyediakan minimal 12.000 dosis vaksin Covid-19 di 12 kabupaten di Jatim selama dua hari, pada 24 dan 25 November 2021.

Panel Barus Ketua Satgas Nasional Gerakan Percepatan Vaksinasi Covid-19 DPP Projo mengatakan, kegiatan ini karena vaksinasi belakangan mengendur.

“Kami melihat vaksinasi mulai mengendur, padahal sebentar lagi libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Jangan sampai Covid-19 merajalela lagi,” katanya, Rabu (24/11/2021).

Vaksinasi gratis untuk rakyat di Jatim adalah rangkaian kegiatan vaksinasi Projo yang sebelumnya digelar di Bodetabek, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan sejumlah provinsi di Sumatera, Kalimantan, dan Papua.

Panel, yang sekaligus Bendahara Umum DPP Projo juga menyoroti keresahan masyarakat soal vaksin kedaluarsa akibat terlalu lama disimpan di gudang.

Kasus itu, kata dia, antara lain terjadi di Kudus, Jawa Tengah.

Dia tegaskan, lepas dari debat istilah kedaluarsa yang kini marak, kejadian ini membuktikan pengabaian nasib rakyat karena vaksinasi merupakan hak rakyat.

Vaksin Covid-19 yang terlalu lama disimpan sehingga kedaluarsa, kata Panel, jelas-jelas merugikan masyarakat secara luas.

“Mereka yang seharusnya divaksin sehingga kuat melawan Covid-19 jadi tidak divaksin. Aparat hukum harus menelisik. Ada dugaan kesengajaan,” ujarnya.

Panel juga meminta, jangan sampai ada pihak yang mengkomersialkan vaksin Covid-19. Itu jelas merupakan tindakan “menari di atas kesengsaraan rakyat” yang menurutnya harus dilawan.

“Tidak bisa dibiarkan hak rakyat mendapatkan vaksin dirampas oleh segelintir orang untuk kepentingan pribadi,” katanya.

Projo juga mengingatkan, jangan sampai masalah vaksin kedaluarsa dan bisnis tes PCR Covid-19 mengendurkan semangat juang petugas vaksinasi di lapangan.

Sebab, kata dia, masyarakat sangat membutuhkan dan menantikan vaksin agar terbentuk herd immunity agar Pandemi berakhir dan masyarakat bisa hidup berdampingan dengan Covid-19.

Dia pun berharap, penurunan jumlah pasien positif atau kasus aktif dan kasus meninggal akibat Covid-19 secara nasional tidak sampai membuat pemerintah dan masyarakat lengah.

“Jika gerakan vaksinasi melambat dan masyarakat kendur dalam melaksanakan prokes, bukan tidak mungkin serangan pandemi akan mengganas lagi,” ujarnya.

Dia juga menyinggung soal adanya sejumlah kabupaten/kota yang a terpaksa memberlakukan kembali belajar online kepada para siswa karena kasus positif Covid-19 meningkat.

Panel Barus memastikan Projo akan konsisten mempercepat dan memperluas vaksinasi gratis untuk rakyat menjelang libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

“Projo melaksanakan perintah Presiden Jokowi untuk menggeber vaksinasi agar Indonesia bisa segera bangkit dari pandemi,” kata Panel Barus.

Vaksinasi Covid-19 yang digelar Projo ada di 12 Kabupaten di Jatim pada 24-25 November 2021. Berikut daftarnya.

1 Kabupaten Tuban
2 Kabupaten Gresik
3 Kabupaten Sampang
4 Kabupaten Sidoarjo
5 Kabupaten Situbondo
6 Kabupaten Banyuwangi
7 Kabupaten Ngawi
8 Kabupaten Madiun
9 Kabupaten Bojonegoro
10 Kabupaten Tulungagung
11 Kabupaten Nganjuk
12 Kabupaten Pacitan.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs