Jumat, 20 Mei 2022

Gencarkan Door to Door, Gus Muhdlor Optimistis Vaksinasi Lansia Mencapai Target 60 Persen Pekan Ini

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Vaksinasi door to door di Desa Jedongcangkrin, Kecamatan Prambon, Kamis (14/10/2021). Foto: Humas Pemkab Sidoarjo

Angka 70 persen vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Kabupaten Sidoarjo sudah tercapai.

Pemerintah Kabupaten saat ini sedang mengejar target 60 persen vaksinasi kelompok lansia.

Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) Bupati Sidoarjo mengatakan, saat ini vaksinasi dosis pertama untuk lansia di Sidoarjo sudah mencapai 47,5 persen.

Target 60 persen vaksinasi lansia perlu dicapai supaya Sidoarjo jadi daerah PPKM level 1 sesuai ketentuan Instruksi Menteri Dalam Negri (Inmendagri).

Gus Muhdlor mengaku optimistis, pekan ini sisa 12,5 persen warga lanjut usia di Kota Delta mendapatkan vaksinasi dosis pertama.

Untuk memenuhi target itu, dia akan mengerahkan bidan desa untuk menyisir lansia yang belum mendapatkan vaksinasi di masing-masing desanya.

Selanjutnya, vaksinasi door to door (dari pintu ke pintu) terhadap lansia akan dilakukan. Karena menurut Gus Muhdlor, lansia tidak mungkin ikut vaksinasi massal.

“Kalau kita tidak mengalah jemput bola maka hal itu mustahil. Karena itu timnya yang diperbanyak untuk turun ke desa-desa,” ujarnya.

Kamis (14/10/2021) siang ini, Gus Muhdlor meninjau pelaksanaan vaksinasi lansia secara door to door di Desa Jedongcangkrin, Kecamatan Prambon.

“Prambon salah satu daerah yang jumlah vaksinnya tidak terlalu banyak. Besok kami perbanyak lagi yang turun ke Prambon. Juga ke Tarik dan Balongbendo,” katanya.

Gus Muhdlor bersama Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro Kapolresta Sidoarjo memantau pelaksanaan vaksinasi door to door di Prambon.

Sebelumnya, Gus Muhdlor juga meninjau vaksinasi istimewa kolaborasi Pemkab Sidoarjo dengan Dewan Pemuda Sidoarjo di salah satu rumah makan di Desa Jedongcangkrin, Prambon.

Vaksinasi dosis pertama dan kedua dengan vaksin Sinovac itu diikuti sebanyak 500 orang lansia, penyandang disabilitas, dan ibu hamil.

Gus Muhdlor mengapresiasi inisiasi penyelenggaraan vaksinasi istimewa yang dilakukan Dewan Pemuda Sidoarjo.

Pemkab Sidoarjo, kata Gus Muhdlor, tidak akan berpuas diri dengan capaian saat ini. Setelah 60 persen vaksinasi lansia tercapai, dia ingin angkanya sampai 100 persen.(den/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Jumat, 20 Mei 2022
26o
Kurs