Rabu, 24 April 2024

Gubernur DIY Usul Parkir di Malioboro Ditarik Tarif Premium

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi Jalan Malioboro Yogyakarta. Foto: www.satujam.com

Sri Sultan Hamengku Buwono X Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta mengusulkan parkir kendaraan di lokasi dekat kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta dapat dikenakan tarif premium.

“Yang dekat Malioboro nyatakan saja premium, parkir di Malioboro ‘larang’ (mahal) kan gitu,” kata Sultan di Kompleks DPRD DIY dikonfirmasi Antara, Rabu (2/6/2021).

Sebelumnya, muncul unggahan foto karcis parkir mobil di kawasan dekat Malioboro dengan tarif Rp20.000 yang viral di media sosial. Para netizen menilai tarif parkir tersebut terlalu mahal dan merusak citra wisata Kota Yogyakarta.

Raja Keraton Yogyakarta ini tidak mempermasalahkan penerapan tarif parkir mahal di dekat kawasan Malioboro asalkan didasari aturan yang jelas dari Pemerintah Kota Yogyakarta.

Pertimbangannya, menurut dia, mencari lahan parkir di kawasan itu tidak mudah. Di sisi lain, Malioboro juga lekat dengan persoalan kepadatan lalu lintas, dan beban kendaraan.

“Bisa tidak sih kita ini berpikir berbeda kota (Yogyakarta) itu, karena tidak mudah kita mencari tempat parkir di Malioboro dan Malioboro itu mesti punya masalah traffic parkir, mau pun beban kendaraan,” kata Ngarsa Dalem.

Oleh sebab itu, Sultan berpendapat semakin jauh dari Malioboro, nantinya tarif parkir bisa diumumkan semakin murah.

“Makin jauh parkirnya dari Malioboro murah, gitukan saja. Tapi keputusan itu harus ada, jelas, untuk tidak disalahgunakan,” kata Sultan.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs